DOSEN DAN MAHASISWA TEKNIK MESIN BANTU KEMBANGKAN UMKM OLAHAN RUMPUT LAUT PPU MELALUI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

Program pengabdian masyarakat merupakan salah satu elemen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan dilakukannya program ini juga menjadi salah satu bukti keterlibatan perguruan tinggi dalam pemberdayaan serta peningkatan mutu di masyarakat. Meskipun dalam situasi pandemi yang tidak mendukung karena wabah COVID-19, dosen dan mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan tetap melaksanakan pengabdian masyarakat secara daring untuk membantu UMKM di Penajam Paser Utara (PPU).

Program pengabdian masyarakat dari Teknik mesin ITK ini diketuai langsung oleh ibu Illa Rizianiza, S.T., M.T., serta melibatkan beberapa dosen Teknik mesin dan mahasiswa Teknik mesin dari angkatan 2018, dan menargetkan UMKM PPU sebagai objek yang akan dikembangkan.

Salah satu pemilik UMKM di kawasan PPU yaitu ibu Salbiyah mengolah rumput laut menjadi makanan ringan yaitu tortilla. Pada awalnya UMKM tersebut menjual produknya dengan kemasan plastik biasa dan kurang menarik. Melihat hal ini tim dosen dan mahasiswa Teknik Mesin ITK berupaya membantu UMKM ini dengan melakukan rebranding dan membuat kemasan produk lebih menarik lagi. Setelah melakukan rapat untuk menentukan logo dan desain kemasan, akhirnya terciptalah kemasan baru “BINAR-PPU Tortilla Seaweed”. Setelah beberapa hari sesudah rebranding penjualan dari UMKM ini meningkat pesat, bahkan melebihi penjualan-penjualan sebelumnya. Berdasarkan informasi dari ibu Salbiyah setelah beliau mengikutkan snack tersebut pada kegiatan pameran, beliau menerima pesanan yang meningkat tajam, yaitu sebanyak 1.000 bungkus dalam sebulan, hal ini sangat malampaui ekspektasi dari pihak UMKM maupun tim pengabdian masyarakat Teknik mesin ITK,

Tidak hanya snack tortilla kini UMKM BINAR-PPU bersama dengan tim pengabdian masyarakat Teknik mesin ITK, mulai memperluas produk bisnisnya ke sabun mandi dan lotion. Dikarenakan proses izin kelayakan untuk sabun dan lotion hingga saat ini masih dalam proses sehingga belum dapat diperjual belikan.

Berbagai upaya pengembangan dari Tim dosen dan mahasiswa Teknik Mesin ITK juga dilakukan seperti memberikan materi dan penjelasan tentang digital marketing, salah satunya dengan memanfaatkan marketplace agar kedepannya UMKM ini dapat memasarkan produknya secara online dan nasional.

Tidak hanya itu tim pengabdian masyarakat Teknik mesin itk juga mengadakan webinar kewirausahaan yang dihadiri oleh mahasiswa, dengan bertemakan “mulai dan wujudkan usahamu!”, bersama bintang tamu alumni Teknik mesin yaitu Achmat Hidayat, S.T dari angkatan 2015 selaku Founder dari Oola.official dan Rahmad Hidayat, S.T dari angkatan 2015 selaku founder BLAL, webinar tersebut dihadiri lebih dari 60 mahasiswa dari berbagai program studi.

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *