Dosen ITK Ikuti Kuliah Bersama Profesor NTU Singapura

Dosen ITK Hadiri Konferensi PBB di Surabaya
17/08/2016
Proklamasi Berkumandang di Kampus Pejuang
22/08/2016
Tunjukkan semua

Dosen ITK Ikuti Kuliah Bersama Profesor NTU Singapura

Bandung – Berbekal rasa ingin tahu, empat dosen Institut Teknologi Kalimantan, Muhammad Azka, Rosna Malika, Irma Fitria, dan Primadina Hasanah, mengikuti short course matematika finansial yang berlangsung selama empat hari mulai 31 Juli-3 Agustus 2016 di Kota Bandung.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Financial Modeling Optimization and Simulator (FinanMOS) Institut Teknologi Bandung ini mendatangkan pengajar dari Nanyang Technological University, Associate Profesor Nicolas Privault.

Meskipun berasal dari latar belakang keilmuan yang berbeda, delegasi dosen dari Prodi Matematika ITK tersebut sangat antusias dengan topik yang dibawakan dalam kuliah singkat tersebut.

Salah satu dosen ITK yang hadir dalam acara terebut, Rosna Malika, mengatakan bahwa finansial akan menjadi topik yang selalu menarik untuk disajikan, tidak hanya bagi para akademisi seperti dosen, tapi juga bagi para mahasiswa, professional, bahkan entrepreneur. “Mathematical finance bukan hal yang baru bagi kami, namun mempelajarinya lebih dalam akan sangat menarik apalagi disampaikan oleh orang yang ahli dalam bidangnya,” ujar dosen lulusan Statistika ITS ini.

Sebagai dosen, mereka mengemban amanah untuk mengembangkan keilmuan agar menghasilkan lulusan yang berkompeten, punya daya saing, serta dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah di dunia kerja khususnya matematika dalam bidang keuangan yang menjadi salah satu fokus program studi Matematika ITK.

Bersama para peserta course yang lainnya, para dosen yang menjadi satu-satunya perwakilan peserta dari Kalimantan Timur ini menyimak dengan baik penyampaian dari narasumber seputar investasi, saham, opsi, lengkap beserta analisis matematisnya. Selain teori yang disampaikan, dosen lulusan University of Paris tersebut juga memberikan contoh-contoh aplikasinya dalam pasar modal, serta tips dan trik menjadi seorang trader.

Irma Fitria, salah satu dosen ITK yang juga mengikuti acara tersebut sangat berharap agar kegiatan-kegiatan sejenis dapat diikuti untuk menambah pengalaman dan keilmuan sesuai bidang masing-masing dosen. “Dengan adanya short course tersebut, wawasan kami tentang mathematical finance menjadi bertambah. Prof. Privault sangat jelas, menarik, dan bersemangat dalam menyampaikan materi, sehingga kami sangat termotivasi dalam belajar,” ujar dosen asal Banjarmasin ini.

Lain halnya dengan Muhammad Azka, satu-satunya dosen laki-laki yang dari ITK pada acara ini tidak mau ketinggalan untuk setiap perkataan yang dikeluarkan oleh pembicara. Memang, materi yang dibawakan sangat berat, karena jatah satu semester disampaikan hanya dalam 3 hari. “Butuh konsentrasi penuh untuk menangkap setiap materi yang disampaikan. Banyak pengalaman berharga dari kegiatan ini, dari tampilan pdf yang unik sampai penggunaan program anaconda” ujar Dosen bidang matematika aktuaria tersebut.

(Rosna Malika untuk Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *