Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (Jumat, 14/01/22) melangsungkan kegiatan Pentas Budaya. Kegiatan Pentas Budaya ini merupakan salah satu rangkaian penutupan sekaligus pelepasan mahasiswa pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) angkatan 1. Kegiatan PMMDN merupakan program kampus merdeka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi pada Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022. Program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebinekaan dan sistem alih kredit maksimal sebanyak +/- 20 sks. Pentas Budaya yang berlangsung dilaksanakan di Auditorium Lab Terpadu ITK.

Konsep yang unik pada rangkaian pentas budaya tesebut ialah seluruh peserta hadirin seperti merasakan saat penerbangan dan terbawa pada penerbangan Borneo Airlines. Kegiatan bahkan diawali dengan pemberian penjelasan terkait seluruh hadirin mematuhi protokol kesehatan. Selanjutnya terdapat tarian yang dipentaskan oleh mahasiswa yang tergabung dalam program PMMDN. Pada kegiatan ini merupakan kegiatan pertukaran budaya dari seluruh mahasiswa yang ikut serta dalam PMMDN angakatan 1. Kegiatan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman teknis serta pengalaman lainnya baik komunikasi, beradaptasi, dan dituntut untuk mandiri diluar daerah asal dari masing-masing daerah mahasiswa. Tentunya kegiatan ini menjadikan media mahasiswa bertukar wawasan dan keberagaman.

Gambar Penampilan Pentas Budaya

Bu Nurul Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengungkapkan “Bahwasannya semoga kegiatan PMMDN ini dapat menjadi manfaat bagi seluruh mahasiswa yang tergabung dalam program tersebut dan tentunya seluruh mahasiswa akan menjadi perwakilan untuk terus memberikan semangat yang luar biasa kepada angkatan selanjutnya. Networking antar mahasiswa juga terjalin dan saling memberikan dampak positif bagi seluruh pihak dalam seluruh rangkaian kegiatan yang ada”.

Pada acara Pentas Budaya tersebut ditutup langsung oleh Prof Budi Selaku Rektor Institut Teknologi Kalimantan. “Semakin meningkatkan kepekaan dan keterbukaan terhadap budaya dan keberagaman kepada seluruh mahasiswa nusantara yang tergabung” tutur Prof Budi.

Rangkaian pentas budaya berjalan sangat lancar, mahasiswa yang tergabung didalammnya sangat bersemangat untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, terlebih seluruh mahasiswa saat menampilkan musikalisasi puisi dengan tema Nusantara dengan bahasa khas daerah masing-masing. Bahasa tersebut yang disampaikan oleh para mahasiswa wujud dari keberagaman para mahasiswa yang ikut serta. Indonesia kaya akan beragaman dan budaya. Rangkaian selanjutnya adalah Penampilan Tari Dayak Kreasi, Video Perjalanan Peserta Inbound ITK, Penampilan 9 Provinsi, Flashmob, dan diakhiri dengan tari dayak.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •