Hadapi MEA, ITK Luncurkan English Enhancement Program 2016

PENGUMUMAN HASIL TRYOUT SBMPTN
29/04/2016
Sambut Hardiknas, Perpustakaan Kampus ITK Berbenah
03/05/2016
Tunjukkan semua

Hadapi MEA, ITK Luncurkan English Enhancement Program 2016

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) meluncurkan Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris atau English Enhancement Program pada Selasa, 12 April lalu. Program ini berisi serangkaian pelatihan Bahasa Inggris bagi civitas akademika ITK baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa ITK, Alfi Suci Dirgantari secara resmi membuka peluncuran program tersebut di Auditorium Kampus ITK, dihadiri jajaran pimpinan institut, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.  Acara dipimpin oleh Vinda Daningrum, dosen Program Studi Sistem Informasi, yang bertindak sebagai Master of Ceremony (MC).

“Penguasaan Bahasa Inggris adalah keharusan dan urgen bagi civitas akademika, terlebih mahasiswa.  Tidak saja karena literatur dan buku ajar kuliahnya yang kian banyak menggunakan Bahasa Inggris, tetapi juga dalam menghadapi persaingan kerja mereka nantinya di era Mayarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kini,” kata Alfi yang merupakan dosen Bahasa Inggris ini.

English Enhancement Program sendiri terbagi ke dalam tiga kategori:

Pertama adalah English Course atau kursus Bahasa Inggris untuk dosen dan tenaga kependidikan. Program ini telah dimulai sejak 10 Februari 2016 lalu dan akan berakhir pada Juni 2016. Program ini berisi pelatihan Test of English as a Foreign Language (TOEFL), International English Language Test System (IELTS), dan Bahasa Inggris praktis untuk dunia kerja. “Dosen dan staf ditingkatkan skil Bahasa Inggrisnya, terutama bagi mereka yang akan melanjutkan studi di luar negeri,” tambah Alfi.

Kedua adalah English Week yang merupakan pelatihan Bahasa Inggris selama sepekan untuk mahasiswa ITK angkatan 2015 peraih Beasiswa Pendidikan Bidik Misi. Program ini dilaksanakan 20 sampai 29 April 2016. Skil yang diajarkan meliputi reading (membaca cepat/scanning, mencari arti kata), listening (mendengarkan percakapan, lagu-lagu, menonton vieo), grammar, writing (menulis artikel, menjabarkan grafik dan tabel, perhitungan teknis).

Ketiga adalah TOEFL Preparation Course atau Kursus Persiapan TOEFL bagi mahasiswa angkatan 2012 yang jumlahnya 95 orang.  Kegiatan ini dimulai pada 20 April hingga 30 Juni 2016. Dilakukan sepekan sekali. “Ini sebagai persiapan mahasiswa angkatan pertama ITK yang sebentar lagi akan lulus. Karena salah satu syarat kelulusan mereka adalah memiliki nilai TOEFL minimal 450,”ujar dosen lulusan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Subchan yang turut memberikan sambutan mengatakan, ITK berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas civitas akademikanya. Salah satunya dengan mengadakan English Enhance Program ini.  “Buku-buku di perpustakan dan Laboratorium Bahasa di ITK juga sudah mendukung. ITK harus mampu bersaing di level internasional,” ujarnya.

 

Subchan yang merupakan dosen Matematika ini, berbagi pengalamannya ketika melanjutkan studi magister di Universitas Teknologi Delft (Belanda), dan studi doktoral di Universitas Cranfield (Inggris). “Ketika kita sudah memiliki dasar Bahasa Inggris yang cukup, itu akan memudahkan kita, tidak saja dalam perkuliahan di kampus luar negeri, tapi juga saat berinteraksi dengan masyarakat sekitar”, kata dosen berprestasi nasional tahun 2014 ini.

 

Mahasiswa juga memberikan suaranya. Diwakili oleh Woro Azmi Indriani, mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2012. Woro mengaku senang kampusnya meluncurkan program ini meski terdapat Mata Kuliah Bahasa Inggris. “Semoga Bahasa Inggris tidak hanya berhenti dengan tes atau dalam kelas saja, tapi juga digunakan dalam komunikasi, misalnya dengan mengadakan English Day,” katanya. (Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *