Ikut Serta dalam Kerjasama Internasional, JTSP Menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) Building with Nature (BwN) #JTSPJuara

MOMEN MEMORABLE PADA YUDISIUM PROGRAM SARJANA JTSP PERIODE WISUDA MARET 2020 #JTSPJuara
08/02/2020
Bayaruddin., S.T.,M.T., M.Sc Dosen Teknik Sipil yang Menjadi Perwakilan ITK dalam Program Bridging di Taiwan
10/02/2020
Tunjukkan semua

Ikut Serta dalam Kerjasama Internasional, JTSP Menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) Building with Nature (BwN) #JTSPJuara

Bali – Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP) Institut Teknologi Kalimatan melakukan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) Building with Nature (BwN) pada Selasa, 28 Januari 2020 di Hotel Paragon Jimbaran, Bali. Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP) Andika Ade Indra Saputra S.T., M.T hadir mewakili Institut Teknologi Kalimantan dalam rangka penandatanganan MoA bersama dengan 4 perguruan tinggi negeri lainnya.

Kegiatan Building with Nature atau Membangun Bersama Alam yang dipimpin oleh Wetlands International dan EcoShape merupakan konsep untuk pengelolaan daerah aliran sungai dan pesisir yang memanfaatkan proses dan kekuatan alam. Konsep ini menyeimbangkan fungsi ekosistem yang berkelanjutan dengan fungsi sosial dan pembangunan ekonomi. Konsep ini telah diterapkan dibeberapa lokasi di Indonesia, terutama untuk restorasi lingkungan dan mencapai program berkelanjutan. Untuk memastikan Building with Nature (BwN) yang konsisten, berkelanjutan dan berskala besar di Indonesia, pemerintah memasukkannya kedalam kurikulum dan program pelatihan diseluruh negeri yang merupakan kunci terlaksananya program ini.

MoA Building with Nature (BwN) ditandatangani oleh Ir. Henk Nieboer sebagai Direktur EcoShape, I Nyoman Suryadiputra sebagai Kepala Wetlands International Indonesia/Perwakilan BwN di Indonesia, Andika Ade Indra Saputra S.T., M.T selaku ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP) Institut Teknologi Kalimatan, dan Ir. Frank Hoozemans selaku Direktur Marine and Coastal Systems. Adapun Universitas lain di Indonesia yang juga turut melakukan MoA bersama Building with Nature (BwN) Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Jember, dan tentu Universitas Udayana selaku tuan rumah dalam rangkaian acara ini.

Terdapat pelatihan dan lokakarya interakif dengan konsep membangun bersama alam yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Deltares dan Delft Technical University bertempat di Universitas Udayana dan Paragon Hotel Jimbaran, Bali. Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP) ITK mengirimkan dua dosen dalam pelatihan dan lokakarya interakif ini yaitu Elin Dyah, S.T., M.Sc dari program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Christianto Credidi Septino Khala, S.T., M.T. dari Program Studi Teknik Sipil. Pelatihan dan lokakarya berfokus pada pendekatan bagaimana cara mengembangkan program pengajaran dan pelatihan Building with Nature (BwN), melalui kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan berbagai pengalaman terkait praktik-praktik Building with Nature (BwN) berdasarkan sharing antar peserta, peserta juga diharapkan dapat mengembangkan program pengajaran dan pelatihan Building with Nature (BwN) berdasarkan kelompok sasaran (institutsi) yang bersangkutan dan menginisiasi terbentuknya komunitas Building with Nature (BwN) di Indonesia.

Rangkaian acara berlangsung selama 4 hari diisi dengan memperkenalkan peserta tentang Building with Nature (BwN) melalui Intorduction BwN and Training Modules, dilanjutkan dengan makan malam bersama kemudian presentasi mengenai Strategy and Measures, BwN Vs Traditional Approach, BwN in River Basins dan rangkaian acara lainnya.

Diharapkan dengan ikutsertanya Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP) Institut Teknologi Kalimatan dalam menjalin kerjasama Internasional bersama Wetlands International dan EcoShape dalam project Building with Nature (BwN) dapat menjadi symbol dan membuka peluang untuk JTSP lebih maju dan unggul #JTSPJuara

 

Humas|ZTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *