INI 10 ALASAN KENAPA KAMU HARUS MEMILIH ITK

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) adalah perguruan tinggi negeri yang diresmikan pendiriannya pada tanggal 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kampus ITK berada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. ITK dapat dikatakan sebagai kampus yang baru di Indonesia. Sampai saat ini ITK baru berusia 5 tahun namun prestasi yang telah di raih tidak kalah dengan kampus ternama lainya.  Jika kamu tinggal di  pulau Kalimantan dan ingin melanjutkan di dunia teknologi dan teknik, ITK adalah salah satu kampus yang bisa menjadi tujuan kamu belajar. ITK  yang menempati luas lahan hingga 300 hektare akan menjadi perguruan tinggi terbesar di kawasan Asia.  Berikut 10 alasan mengapa kamu harus memilih kampus ITK.

  1. Institut Teknologi Negeri ke-4 di Indonesia.

Institut Teknologi Kalimantan adalah satu-satunya institut teknologi yang berada di Kalimantan Timur, Indonesia dan menjadi salah satu dari 4 Institut Teknologi Negeri di Indonesia bersama ITS, ITB, dan ITERA. Berdirinya ITK diharapkan memberi dampak positif pada masyarakat umum dan masyarakat industri di sekitar Pulau Kalimantan terutama di bidang Sumber Daya Manusia serta IPTEK nasional, sehingga memunculkan akselerasi pertumbuhan ekonomi untuk Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur.
  1. Kesempatan beasiswa yang luas untuk mahasiswa

Di Institut Teknologi Kalimantan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sangatlah terbuka lebar salah satunya ada beasiswa Bank Indonesia, Pertamina, Beasiswa Pemerintah Kota Balikpapan, Beasiswa PPA, beasiswa Bidikmisi,Beasiswa Kaltim Cemerlang, Beasiswa PEMKAB Kutai Timur dan Beasiswa Inisiatif Zakat Indonesia. Beasiswa ini diharapkan menjadi motivasi calon mahasiswa untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya sehingga dapat memutus rantai kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kalimantan Timur.
  1. Kampus terluas di asia tenggara

Lingkungan dan kelengkapan fasilitas kampus merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari faktor yang menunjang kualitas belajar dan mengajar suatu kampus. Karena itulah Institut Teknologi Kalimantan menempati lahan seluas 300 hektar yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta KM 15, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Lahan seluas 300 hektar ini akan dibangun dan diisi dengan fasilitas kampus yang lengkap, guna menunjang kualitas belajar mengajar di Intitut Teknologi Kalimantan. Oleh karena itu Institut Teknologi Kalimantan digadang-gadang menjadi kampus terbesar di Asia Tenggara.
  1. Kampus pertama yang mendapat akreditasi B dalam waktu 5 tahun

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap suatu lembaga pendidikan, diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwasannya lembaga tersebut dapat memenuhi syarat atau kriteria tertentu. Institut Teknologi Kalimantan yang hitungannya masih merupakan kampus baru, saat ini telah memperoleh akreditasi B hanya dalam kurun waktu 5 tahun. Hal ini merupakan salah satu hal yang dapat dibanggakan dari Institut Teknologi Kalimantan, khususnya karena tidak banyak kampus yang dapat meraih akreditasi B dalam kurun waktu 5 tahun.

  1. Pionir mobil listrik pertama di Kalimantan

Semakin menipisnya sumber daya alam termasuk minyak bumi yang merupakan modal untuk bahan bakar transportasi industri. Dengan adanya kendaraan bertenaga listrik diharapkan dapat mengurangi penggunaan dari minyak bumi, dan juga ramah lingkungan.
Mobil listrik pertama ini diberi nama Enggang Evo, dan dibuat oleh mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan. Enggang Evo sendiri sudah dua kali diikutkan dalam kompetisi mobil listrik sejak tahun 2018, dan dari masing – masing kompetisi tersebut Enggang Evo berhasil meraih Juara Dua dan Juara Tiga. Pada tahun ini Enggang Evo direncanakan untuk mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia pada bulan November.
  1. Banyak pelatihan-pelatihan gratis yang bisa diikuti mahasiswa ITK

Kampus ITK seringkali mengadakan pelatihan untuk mahasiswanya, seperti pelatihan manajemen diri, pelatihan karya tulis ilmiah, pelatihan jurnalistik, pelatihan desain, dan masih banyak lagi pelatihan lainnya. Selain pelatihan, di ITK juga sering mengadakan workshop yang bisa menambah dan meningkatkan kualitas diri pada mahasiswa. Pelatihan yang ada di ITK tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, sehingga mahasiswa ITK bisa meningkatkan softskill yang dimiliki tanpa merogoh kocek.

  1. Mengedepankan IPTEK untuk revolusi industri 4.0 di Kalimantan.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat dibutuhkan karena dengan adanya IPTEK seseorang dapat membuat dan akan menghasilkan inovasi – inovasi baru. Semakin baik IPTEK suatu negara, maka semakin berkembang pula negara tersebut. IPTEK juga mendukung Revolusi Industri 4.0, dimana Revolusi ini menerapkan konsep automatisasi yang dilakukan oleh mesin tanpa menggunakan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya.
Institut Teknologi Kalimantan didirikan di Kalimantan dengan tujuan sebagai garda terdepan dalam pengembangan IPTEK dan Revolusi Industri 4.0 untuk wilayah Kalimantan. Dengan adanya berbagai program studi beserta civitas akademik di ITK yang siap mengembangkan IPTEK dan menghadapi Revolusi Industri 4.0.
  1. Komposisi tenaga pengajar yang berkualitas

Mutu tenaga pengajar berbanding lurus dengan mutu mahasiswa. Semakin berkualitas tenaga pengajar, akan baik pula pendidikan yang diperoleh mahasiswanya. Keunggulan ini bisa didapatkan ketika berkuliah di ITK. Sampai saat ini, Kampus ITK memiliki 143 tenaga pengajar dengan gelar Master, 16 dengan gelar Ph.D, 5 dengan gelar Doktor, dan 1 dengan gelar Profesor. Tidak perlu diragukan lagi tentang kualitas para pengajarnya, karena dosen-dosen di ITK menguasai dengan baik bidang keilmuan.
  1. Kalimantan timur mempunyai keindahan alam yang eksotis

Salah satu Provinsi di Indonesia yakni Kalimantan Timur terletak di Pulau Kalimantan. Wisata Kalimantan Timur didominasi oleh alam yang begitu indah. Bentang alam yang masih di dominasi oleh pepohonan dan sungai-sungai mengalir sejernih kaca. Destinasi wisata dapat di akses dengan mudah. Salah satu destinasi terbaik di Kalimantan Timur adalah Pantai Lamaru, Balikpapan.

  1. Memiliki jaringan yang kuat di kampus luar negeri dan perusahaan.

Institut Teknologi Kalimantan sedang melakukan ekspansi secara menyeluruh. Hal ini diwujudkan dengan terjalinnya kerja sama antara Institut Teknologi Kalimantan dengan kampus lainnya, industri, instansi dan pemerintahan. Ekspansi ini bertujuan untuk memajukan mutu Pendidikan bagi mahasiswa/i Institut Teknologi Kalimantan. Saat ini ITK sudah menjalin kerjasama dengan kampus lain, instansi, industri, dan pemerintahan. Salah satunya ITK berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi dan Lembaga Riset Korea untuk kolaborasi penelitian dan pertukaran pelajar.

Tim Humas|KNK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *