Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (17/03/22) mengadakan sosialisasi kepada mahasiswa bekerjasama dengan Polda Kalimantan Timur. Adapun tema kegiatan pada sosialisasi tersebut adalah “Peran Mahasiswa Di Era Perkembangan Teknologi”. Pada acara tersebut turut hadir Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D. selaku Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Yustiadi, S.H. perwakilan Kabid Humas Polda Kaltim, Wiji Winarko, S.H., M.H. (Narasumber 1), dan M. Gilvy Langgawan Putra, S.Kom., M.MT. (Narasumber 2/Dosen Sistem Informasi ITK).

Adapun rangkaian acara yang berlangsung adalah pembukaan oleh MC, pembacaan doa, sambutan Rektor ITK Prof. Ir. Budi Santosa, M.S., Ph.D., sambutan oleh Yustiadi, S.H. selaku perwakilan Kabid Humas Polda Kaltim, penyerahan plakat antara ITK dan Polda Kaltim, foto bersama Rektor ITK, Para Perwakilan dari Polda Kaltim, dan Para Narasumber, penyampain Materi Pertama oleh Wiji Winarko, S.H., M.H. penyampaian Materi Kedua oleh M. Gilvy Langgawan Putra, S.Kom., M.MT., sesi Tanya Jawab bersama Mahasiswa, penutupan. dan foto Bersama Seluruh Peserta.

Pada kesempatan tersebut Wiji menyampaikan mengenai cerdas berkomunikasi dengan teknologi. Dalam menggunakan teknologi yang ada perlu trik, yaitu pintar, cerdas, dan jenius. Pintar adalah penguasaan bidang yang dipelajarinya. Cerdas yaitu kemampuan menyelesaikan masalah tanpa mempeljarai atau dianggap tidak pernah mempeljarai. Sedangkan jenius berhubungan dengan kepintaran dan kemampuan yang mengetahui lebih cepat dari waktu yang diharapkan.

Berbicara mengenai komunikasi perlu namanya komunikasi efektif, yaitu tersampaikan gagasan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik dalam kontak sosial yang baik. Namun pada kenyataannya gaya berkomunikasi memiliki beberapa tipe yaitu introvert (pendiam, menyendiri) dan ekstrovert (terbuka, bersosialisasi). Perlunya menggunakan teknologi dalam berkomunikasi untuk mempermudah, mempercepat, meningkatkan kualitas, dan memperbaiki.

Literasi digital merupakan sikap suatu individu dalam menggunakan dan memanfaatkan media digital secara efisien dan efektif di berbagai bidang. Literasi digital menjadi penyeimbang kemajuan teknologi yang sangat pesat ini. Karena mahir dalam akademik saja tidak cukup , maka dari itu harus diimbangi dengaan literas digital yang sangat bermanfaat dalam menghadapi tantangan zaman.

Cerdas dalam berkomunikasi itu sangat penting, terlebih sekarang memasuki era digitalisasi. Oleh sebab itu perlu bijak dalam menggunakan teknologi dan media sosial yaitu diantaranya adalah dengan memilih platform yang Sesuai, mematuhi etika dan aturan, menentukan tujuan komunikasi, dan melakukan mitigasi komunikasi.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •