ITK Buka Pendafaran Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Wakil Rektor Bidang Akademik ITK Subchan mengatakan kesempatan ini harus dimanfaatkan siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA/MA sederajat) se-Kalimantan Timur untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, salah satunya ITK.

“40 persen dari total mahasiswa baru yang akan diterima di ITK pada 10 program studi berasal dari jalur SNMPTN. Itu berarti 400 mahasiswa, karena ITK akan menerima 1.000 mahasiswa baru tahun akademik 2016 ini,” kata Subchan yang memimpin proses penerimaan mahasiswa baru di Kampus ITK Karang Joang, Rabu, 17 Februari 2016.

ITK memiliki 10 pilihan program studi, yaitu Matematika, Sistem  informasi, Fisika, Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Metal dan Metalurgi. Sedangkan tiga prodi baru yakni Teknik Lingkungan, Teknik Informatika, dan Teknik Industri sementara hanya menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri ITK.

SNMPTN adalah seleksi masuk mahasiswa baru dengan proses penelusuran prestasi akademik. Proses seleksinya meliputi tiga tahap. Pertama, sekolah pendaftar harus sudah mengisi (Pangkalan Data Sekolah dan SIswa (PDSS). Kedua, seleksi penelusuran nilai akademik menggunakan nilai rapor semester 1 – 5 untuk sekolah dengan masa studi tiga tahun, dan nilai semester 1 – 7 untuk sekolah dengan masa studi empat tahun. Ketiga, pendaftar berhak memilih maksimum dua perguruan tinggi negeri yang salah satunya berada dalam provinsi sesuai dengan KTP pendaftar. Pelaksanaan dari Januari – April 2016. Informasi lebih lengkap dapat membuka http://www.snmptn.ac.id

Calon mahasiswa baru harus mempertimbangkan beberapa faktor yang dinilai dalam SNMPTN, yakni nilai rapor, indeks sekolah, indeks wilayah, dan prestasi alumni sekolah di PTN yang dituju.

“Perlu digarisbawahi, ITK merupakan satu dari empat institut teknologi negeri yang ada di Indonesia, yang pendiriannya diinisiasi oleh pemerintah pusat,” kata Adrian Gunawan selaku koordinator bidang akademik ITK.

Bagi calon mahasiswa yang tidak diterima dalam proses seleksi dalam SNMPTN, tidak perlu berkecil hati karena ada dua kesempatan lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri ITK. SBMPTN merupakan seleksi nasional melalui ujian tulis bersama yang akan dilaksanakan pada Mei-Juli 2016. Mulai tahun 2016, ITK menyelenggarakan ujian SBMPTN di Balikpapan. Sedangkan Ujian Mandiri ITK merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru ITK melalui ujian lokal ITK yang pelaksanaannya  pada Juli – Agustus 2016.

Jika diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN maka mahasiswa baru hanya akan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang besarnya bervariasi, dan ditentukan oleh kemampuan finansial orangtua. Sedangkan pada Ujian Mandiri ITK, mahasiswa baru  membayar UKT per semester dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dibayarkan di awal perkuliahan.

“Buat apa kuliah jauh-jauh ke Pulau Jawa kalau di Balikpapan sudah ada perguruan tinggi negeri yang berkualitas, ITK. Ayo bergabung dengan kami dan menjadi kebanggan Kalimantan,” ujar Rektor ITK, Sulistijono. (Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *