ITK Contest dan Think Tank, Ajak Generasi Muda Berpikir Kritis

ITK Siapkan Mahasiswa Jadi Agen Revolusi Industri 4.0
29/11/2018
Inkubator Sistem Informasi
29/11/2018
Tunjukkan semua

ITK Contest dan Think Tank, Ajak Generasi Muda Berpikir Kritis

 

ITK News I Dies Natalis

Balikpapan Sabtu, 3 November 2018, dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-4, Institut Teknologi Kalimantan menggelar ITK Contest yang meliputi dua kegiatan, yaitu ITK National Debate Competition, dan ITK Think Tank National Business Competition yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia.

 

ITK National Debate merupakan kompetisi untuk memberikan sudut pandang kritis terkait inovasi teknologi dan isu nasional lainnya. Ajang ini bertujuan mengasah keterampilan berbahasa ataupun kemampuan verbal kaum muda yang merupakan mahasiswa.

 

Sementara ITK Think Tank merupakan acara yang bertujuan memberikan kesempatan kepada anak bangsa dalam menuangkan ide hingga menyelesaikan masalah bisnis di dunia digital saat ini. Acara ini diikuti oleh berbagai universitas yang ada di indonesia.

 

Pada 2 November 2018 para finalis tiba di balikpapan dan melaksanakan technical meeting pada saat itu para finalis aktif untuk mendiskusikan seputar peraturan yang akan dilaksanakan pada hari perlombaan. Setelah melaksanakan TM, finalis menuju gala dinner di Rumah Makan Nyiurku Balikpapan.

 

Dalam pembukaan acara tersebut, dosen ITK dan perwakilan finalis yaitu mahasiswa Universitas Indonesia memberikan sambutan dan kesan pesan datang di Kalimantan. Gala dinner yang dilaksanakan berjalan dengan hikmat dengan setiap finalis saling bertukar pikiran seputar kampus mereka, setelah itu finalis beristirahat ke hotel.

Keesokan harinya acara ITK Contest dimulai. Pembukaan acara dimulai jam 08.30 WITA dengan pembacaan doa lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars ITK. Dalam pembukaan acara tersebut, perwakilan rektor dan perwakilan finalis memberikan sambutan. Perlombaan di mulai jam 10.25 WITA yang mana ITK Think Tank dilaksanakan di Auditorium ITK dan ITK Debate dilaksanakan di ruang 208 A dan 207 A. Perlombaan dilaksanakan dengan sportif dan lancar, para finalis sangat antusias untuk menyelesaikan perlombaan. Untuk finalis lomba Think Tank menyelesaikan perlombaannya pada jam 13.00 WITA. Untuk lomba Debate selesai jam 20.00 WITA dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan keesokan harinya.

 

Pada 4 November 2018 dilaksanakan mini talkshow di auditorium Kampus Institut Teknologi Kalimantan dengan pemateri Farid Nurrahman, S.T., M.Sc.. Mini talkshow tersebut dilaksanakan dengan meriah dan antusias oleh audiens setelah mini talkshow berakhir dilaksanakan pengumuman pemenang lomba ITK Contest. Juara 1 debat diraih oleh Universitas Mataram, juara 2 Universitas Negeri Semarang, Best video oleh Politeknik Negeri Balikpapan ,dan Best Speaker Universitas Negeri Semarang. Untuk lomba Think Tank ,juara 1 diraih oleh Universitas Telkom, juara 2 Universitas Ganesha Singaraja, Juara 3 Universitas Indonesia dan Juara harapan 1 Universitas Telkom.

-end-

Penulis: Kurnia Kasturi

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *