ITK Kembangkan Mobil Listrik Kerja Sama dengan ITS

Balikpapan – Enggang Electric Vehicle ITK Team terbentuk pada pertengahan tahun 2016, tim ini terbentuk dari UKM/Komunitas yang bernama Student Automotive Association (SAA) ITK yang merupakan komunitas yang bergerak dibidang otomotif untuk mengembangkan minat, kreativitas dan inovasi mahasiswa ITK. Tim yang semula bernama SAA ITK Team ini didirikan oleh Jordan Ananda Purnomo yang saat itu menjabat sebagai Ketua SAA ITK. Pada tahun 2018 SAA ITK Team kemudian bertransformasi menjadi Enggang Electric Vehicle ITK Team yang merupakan tim yang fokus dalam pengembangan mobil listrik ITK.

Enggang Electric Vehicle ITK Team menjalin kerja sama dengan Pusat Unggulan IPTEK – Sistem Kontrol Otomotif (PUI-SKO) ITS yang merupakan lembaga pengembangan yang terdiri atas tim peneliti Mobil Listrik Nasional (Molina) dan beberapa peneliti dari berbagai jurusan di ITS. Adapun, prestasi yang diraih oleh Enggang Electric Vehicle ITK Team dengan berhasil meluncurkan dua mobil listrik yang diberi nama Enggang Evo 1 dan Enggang Evo 2. Enggang Evo 1 merupakan mobil listrik pertama di Kalimantan yang disempurnakan kembali pada Enggang Evo 2 dimana, di dalam penyusunan kompenen utama listrik nya merupakan hasil dari perakitan tim sendiri. Enggang Evo 2 diikutkan dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) yang diselenggerakan oleh Politeknik Negeri Bandung (Polban).

 

Walaupun berasal dari kampus yang tergolong baru, dengan adanya bimbingan dan dukungan penuh dari ITK dan PUI-SKO ITS, Enggang Electric Vehicle ITK Team mampu menjadi salah satu tim yang dapat bersaing dan berkompetisi dengan tim dari  kampus lain pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI). Enggang Electric Vehicle ITK Team juga merupakan satu-satunya perwakilan dari Kalimantan yang ikut ajang bergengsi nasional tersebut.

Dalam mewujudkan bentuk kerjasamanya, PUI-SKO ITS memberikan dukungan dan bimbingan kepada Enggang Electric Vehicle ITK Team selama dua bulan untuk melakukan riset dan inovasi dalam bidang sistem dan kontrol otomotif. Dimana, fokus yang dilakukan berupa pengembangan dan perakitan terhadap komponen utama dalam mobil listrik yaitu motor listrik, controller dan baterai.

Hasil dari kerjasama tersebut diterapkan oleh Enggang Electric Vehicle ITK Team dalam melakukan perakitan dan pembuatan mobil listrik generasi ke- 3 yaitu Enggang Evo 3. Dimana, mobil listrik tersebut ditargetkan untuk mengikuti KMLI-XI 2019 dan Formula Racing Championship 2020 yang diselenggarakan oleh IIMS 2020.

Oleh karena itu, besar harapan kerja sama antara Enggang Electric Vehicle ITK Team dengan PUI-SKO ITS dapat berlanjut hingga generasi mobil listrik berikutnya. Ucapan terima kasih diberikan kepada PUI-SKO ITS yang telah membantu dan membimbing Mahasiswa ITK dalam pengembangan mobil listrik ITK. Sehingga, diharapkan adanya ikatan yang baik antara ITK dan ITS untuk memajukan teknologi Indonesia khususnya, dalam pengembangan mobil listik.

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *