Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melakukan vaksinasi dosis pertama  kepada mahasiswa pada Rabu (15/09), Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan  POLDA Kaltim yang dilakukan di Gedung Laboratorium Terpadu ITK. Kegiatan yang berlangsung turut dihadari oleh Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D.,  selaku Wakil Rektor Bidang Akademik ITK.

“Vaksinasi yang dilakukan di ITK sendiri menyasar kepada mahasiswa ITK kurang lebih 700 mahasiswa, syukur alhamdulilah pada hari ini menggunakan Vaksin AstraZeneca yang sebelumnya sering menggunakan vaksin sinovac. Beberapa mingggu ini juga Dikes Polda menyasarkan kepada mahasiswa, karena kebijakan dan harapan pemerintah kedepannya dapat melakukan pembelajaran tatap muka;” Jelas Kombes Pol. dr.B. Djarot Wibowo selaku Kabid Dokkes Polda Kaltim.

Adapun alur dari vaksinasi yang dilakukan saat kegiatan berlangsung adalah melakukan absensi untuk melihat data mahasiswa yang telah terdaftar sebagai peserta vaksinasi. Selanjutnya  melakukan pengecekan dan pendaftaran data diri secara online pada meja registrasi yang disediakan. Kemudian terdapat tiga jalur utama yaitu, jalur satu untuk di-skrining atau mendapatkan pemeriksaan fisik terlebih dulu sebelum menerima suntik vaksin COVID-19. Jalur dua pengecekan berkas kembali dan penyuntikan vaksin, jalur ketiga pendataan di website Peduli Lindungi. Kemudian tempat terakhir adalah observasi, untuk mengetahui kondisi pasca pemberian suntikan vaksin apakah terdapat gejala atau tidak.

Gambar 1. Diskusi antara Polda KALTIM dan Pihak ITK

Harapan nya untuk mahasiswa dan masyarakat umum segera mencari sentra-sentra vaksin dan melakukan vaksinasi. Harapan juga disampaikan oleh bu  Nurul Widiastuti bahwa segera dapat melakukan perkuliahan tatap muka. Kegiatan vaksinasi ini juga merupakan komitmen dan kebijakan pemerintah untuk bulan-bulan ini terealisasinya vaksinasi bagi mahasiswa.  Kemudian ujar Fahmi salah satu mahasiswa mengucapkan bahwa dengan kegiatan ini dapat mendukung perkuliahan offline atau paling tidak hybrid, karena melihat urgensi perkuliahan online yang masih kurang efektif.

Gambar 2. Dikes POLDA KALTIM dan Perwakilan ITK

“Harapannya di Kalimantan Timur khususnya Balikpapan segera tercapainya Herd Immunity dengan mengejar vaksin untuk berbagai sasaran, ” tutup Kombes Pol. dr. B. Djarot Wibnowo.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •