Balikpapan – Persaingan dalam dunia kerja di era global semakin kompetitif. Hal ini tentu membuat para lulusan baru atau fresh graduate untuk bekerja keras dalam menghadapi tantangan di dunia pasca kampus. Untuk mempersiapkan hal tersebut, Institut Teknologi Kalimantan memberikan pembekalan lebih awal kepada para mahasiswanya melalui kegiatan Soft Skill and Development Fair.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 5 hari, mulai tanggal 3 – 7  Agustus 2021 tersebut, ditujukan untuk memberikan pengembangan soft skill bagi para mahasiswa ITK. Acara tersebut diharap dapat mendorong para mahasiswa untuk mencapai karir impiannya serta mempersiapkan para mahasiswa untuk menghadapi dan beradaptasi dengan perubahan yang dibawa oleh revolusi industri 4.0.

“Acara ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa dari segi soft skill, sehingga rangkaian persiapan karir bagi mahasiswa nantinya setelah lulus dari ITK,,” jelas Ketua Panitia Soft Skill and Development Fair, Dwiana Novianti Taufal, S.T., M.T.

Ia pun mengapresiasi antusiasme para mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Ia menuturkan, dari 11 kelas yang ditawarkan, 10 diantaranya terisi. Kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui video telekonferensi dan melibatkan dosen, profesional, mahasiswa, serta alumni ITK.

Sejumlah materi menarik terkait dunia kerja didapatkan secara gratis oleh para peserta pada acara ini. Materi-materi tersebut diantaranya mengenai self management, leadership, teamwork, communication skill, problem solving, presentation skill, planning and organizing, dan continuous learning. Tak hanya itu, para peserta pun diberi materi mengenai pembuatan curriculum vitae, hingga tips menghadapi wawancara kerja. Pada hari terakhir rangkaian acara, terdapat sharing session bersama alumni ITK yang telah terjun di dunia profesional.

Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti Ph.D, berharap kegiatan ini tidak akan menjadi yang pertama dan terakhir. Namun, akan menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan untuk seluruh mahasiswa ITK. Ia pun menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa ITK senantiasa merencanakan kegiatan terbaik untuk mahasiswanya.

“Hal ini agar mahasiswa tidak hanya mempunyai hard skill yang selaras dengan bidang studinya, namun juga soft skill, serta perencanaan sedini mungkin mau berkarir di mana. Agar capaiannya semakin baik,” tuturnya.

Ia pun berpesan, agar seluruh mahasiswa ITK aktif memanfaatkan layanan Career Center ITK untuk berdiskusi dan mendapatkan saran saat menghadapi kebingungan menata karir maupun meningkatkan kompetensi diri.

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •