ITK Peringati Hari Bela Negara

ITK News I Bela Negara

Balikpapan – Hujan tak menyurutkan semangat pejuang-pejuang ITK mengikuti Upacara Peringatan ke-70 Hari Bela Negara Republik Indonesia, Rabu, 19 Desember 2018 di Aula ITK. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Dosen Teknik Kimia ITK, Ashadi Sasongko, S.Si., M.Si, berpesan kepada seluruh civitas akademika ITK untuk terus membela negara.

 

“Jika bela negara secara fisik dilakukan oleh militer atau TNI, maka tugas kita sebagai sivitas akademika adalah membela negara secara non fisik. Segala upaya kita lakukan untuk mempertahankan NKRO dengan meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, menanamkan kecintaan terhadap tanah air, dan berperan aktif memajukan bangsa dan negara,” kata Ashadi.

 

Upacara ini dilakukan dalam rangka memperingati Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat, pada 19 Desember 1948 guna menjaga eksistensi NKRI ketika Belanda melancarkan Agresi Militer ke-2.

 

Ashadi melanjutkan, “Hendaknya kita selalu berusaha menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa, menguasai sains dan teknologi, serta bekerja secara profesional sesuai tugas pokok masing-masing dengan senantiasa mengacu pada aturan yang berlaku.”

 

“Dengan usianya yang semakin bertambah, ITK semakin menjadi sorotan. Oleh karena itu ITK harus terus menebar manfaat dan pengaruh positif terutama di Kota Balikpapan, dan Provinsi Kalimantan Timur. Berbagai capaian telah diraih. Satu capaian terbaru dan sangat membanggakan adalah diraihnya Akreditasi Institusi, di mana terhitung 12 Desember 2018, ITK mendapatkan Akreditasi B. Nilai ini berlaku hinggal 12 Desember 2023. Melalui upacara ini, kami ingin menitipkan pesan agar berita gembira ini dapat diinformasikan kepada orang tua mahasiswa, industri, maupun khalayak luas di Kalimantan Timur dan Indonesia bagian timur.”

 

“Melalui upacara ini juga, kami ingin menginformasikan bahwa dalam hitungan jam, Bapak kita, Rektor kita, orang yang sangat berperan dalam pendirian ITK, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA akan mengakhiri masa jabatannya. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya tentu patut kita berikan kepada beliau atas jasa, perjuangan, dan pengorbanannya memimpin ITK. Insya Allah besok, 20 Desember 2018 pukul 13.00 WIB di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti di Senayan, Jakarta, Guru Besar dari ITS, Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D akan dilantik sebagai Rektor ITK periode 2018-2022. Prof. Budi Santosa terpilih sebagai rektor melalui proses yang demokratis, yang juga dihadiri oleh perwakilan Kemenristekdikti.”

 

“Semoga kita dapat memetik pelajaran dari peringatan Hari Bela Negara ini. Semoga kita mampu membela negara ini sesuai dengan peran kita. Selalu menebar manfaat, terus meraih pahala.”

 

Bertugas sebagai pemimpin upacara, Dosen Program Studi Teknik Elektro ITK,  Thorikul Huda, S.T., M.T. dan mahasiswa ITK angkatan 2018.

Untuk Sang Pencipta dan Bumi Etam, SPECTA!!

-end-

RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *