ITK Sukses Selenggarakan Ujian Tulis SBMPTN 2016

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serempak di tiga lokasi di Balikpapan. Dua lokasi bertempat di dua gedung perkuliahan ITK, sedangkan lokasi lainnya di gedung SMAN 9 Balikpapan. Ketua Sub Panitia Lokal Balikpapan, Subchan, mengatakan ujian di Balikpapan berlangsung lancar dan tertib.

“Terima kasih atas dukungan Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan Kota Balikpapan sehingga ujian dapat terlaksana dengan lancar, baik, aman, dan tertib,“ kata Subchan yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik ITK ini ketika ditemui di Kampus ITK Karang Joang, Rabu, 2 Juni 2016.

Tidak hanya lancar, peserta yang memilih untuk ujian SBMPTN di regional Balikpapan sejumlah 1.623 calon mahasiswa baru atau mengalami peningkatan 270 persen dibanding tahun 2015.

Menurut Subchan, peningkatan kenaikan peserta tersebut menunjukkan makin tingginya minat warga untuk berkuliah di ITK, yang notabene masih baru di Bumi Etam. “Pamor Balikpapan juga makin dikenal sebagai kota pelajar di Kaltim. Semoga pemkot juga dapat memberikan fasilitas terbaiknya guna mendukung pelaksanaan tahun depan.”

SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri secara nasional, selain SNMPTN (jalur nilai raport). SBMPTN dilakukan secara serempak dan nasional pada Ahad, 31 Mei 2016.

Peserta yang memilih 2-3 program studi, salah satu program studi pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat  peserta mengikuti ujian. Ujian SBMPTN terdiri dari tiga cluster, Sains dan Teknologi, Sosial dan Humaniora, dan Campuran.

Pendaftaran dibuka sejak 25 April hingga 20 Mei 2016 secara online. Hasil SBMPTN akan diumumkan secara nasional pada 28 Juni 2016 melalui web SBMPTN dan media massa.

Secara nasional penyelenggara SBMPTN terbagi dalam 98 panitia lokal. Samarinda menjadi panitia lokal ke 77, dan Balikpapan sebagai sub panitia lokalnya.

Data yang diterima dari Kemenristek Dikti, peminat ITK dari jalur SBMPTN meningkat 80 persen dari tahun sebelumnya. Program studi favorit dengan peminat terbanyak adalah Sistem Informasi, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Teknik Sipil. Sedangkan program studi yang minim peminatnya adalah Teknik Material dan Metalurgi, Matematika, dan Fisika.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ITK, Jatmoko Awali menyatakan terima kasih kepada panitia yang bekerja keras demi kelancaran acara. Panitia melibatkan dosen dan tenaga akademik ITK, serta guru-guru dari SMAN 9 Balikpapan, SMPN 17, SMPN 15, dan SMKN 6 Balikpapan penanggung jawab ruang dan pengawas.

“Hasil kerja baik ini semoga akan meningkatkan kepercayaan nasional kepada ITK dan Balikpapan,” kata pria yang juga dosen Teknik Material dan Metalurgi di ITK ini.

Pria asli Balikpapan ini melanjutkan, setelah SBMPTN, ITK akan membuka jalur masuk penerimaan mahasiswa baru lagi, yakni Ujian Mandiri ITK (UM ITK). Pendaftarannya dimulai pada 6 – 27 Juni 2016. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada web  www.itk.ac.id.

(Humas ITK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *