Kedutaan Besar Amerika Serikat Sowan ke ITK

Balikpapan – Kedutaan Besar Amerika Serikat berkunjung ke Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Balikpapan pada Selasa, 26 Januari 2016. Staf Konsuler Kedubes AS, Sofian Riabi mengatakan tujuan mereka mendatangi ITK adalah untuk mengetahui keberadaan kampus ITK yang baru berdiri, menjalin silaturahmi dengan para akademisinya, serta mengenalkan dunia pendidikan di AS.

“Kesempatan selalu terbuka lebar bagi civitas akademika ITK, baik dosen maupun mahasiswa untuk melanjutkan studinya di Amerika,” kata Sofian yang berasal dari Washington DC ini. Sofyan didampingi oleh asisten informasi, Carmelita Cassandra.  Mereka berdua tampak santai mendatangi gedung rektorat. Sofian mengenakan kemeja biru kotak-kotak dan celana jeans. Sementara  Carmelia mengenakan batik merah muda dan bawahan kuning tua.

Dua perwakilan Kedubes AS itu diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Penelitian, dan Kerjasama, Subchan, Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan, Imam Safi’i, dan sejumlah dosen. Sofian memberikan presentasi tentang tata cara pengurusan visa studi, atmosfer pendidikan, hingga hal-hal yang perlu disiapkan jika menempuh studi di Amerika.

“Sejak terjadinya pemboman saat acara Maraton di Boston, penembakan di San Bernardino oleh warga muslim AS, hingga pemboman di Paris, otoritas Amerika Serikat memang kian memperketat masuknya warga asing, khususnya yang beragama muslim, yang datang ke AS. Tapi ini bukan menutup. Semoga dalam waktu dekat keadaan bisa pulih kembali,” kata Sofian yang juga beragama Islam.

Menurut Carmelita, sowan santai ke ITK ini adalah bagian dari rangkaian kunjungan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kota Balikpapan, dan sejumlah stakeholder lainnya sehari sebelumnya. “Kami mewakili tim Regional Liaison Officer (RLO) yang beranggotakan Edward Dunn (Asisten Atase Pers Kedubes AS), David Moo (bagian Ekonomi), Sofian, dan saya sendiri,” ungkap wanita berusia 33 tahun yang tinggal di Tangerang ini.

Tim RLO adalah tim yang dibentuk oleh Kedutaan Besar AS untuk mengunjungi propinsi-propinsi di Indonesia guna mengenal lebih jauh daerah serta budaya di suatu propinsi dan menjalin kontak dengan lembaga pemerintahan, pihak universitas dan kontak-kontak alumni pendidikan AS.

Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan, Imam Safi’i mengatakan kedatangan perwakilan dari Kedubes AS ini murni silaturahmi dan tidak ada pembicaraan tentang kerjasama.

“Informasi dari brosur yang mereka bagikan, dan penjelasan yang mereka sampaikan tentang studi di Amerika, sebenarnya dapat kita temukan di internet. Awalya mereka juga mau datang empat orang, ternyata yang datang hanya dua. Agak disayangkan.Tapi kami tetap mengapresiasi  kedatangan mereka,” kata Imam.

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama. Carmelita menyempatkan diri untuk memberikan nomor teleponnya, 0811-146-4067 dan alamat email cassandrac@state.gov jika civitas akademika ITK ada hal yang ingin ditanyakan.(Humas ITK)

p.s. untuk berita foto selengkapnya, sila buka http://itkinfo.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *