Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan setiap tahun mengadakan lomba debat berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal  31 Juli  s.d. 5 Agustus 2016.

Sehubungan dengan hal tersebut kami sampaikan tahapan lomba/seleksi NUDC tahun 2016 sebagai berikut:

1. Tingkat Perguruan Tinggi
Perguruan tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan 1 (satu) tim terbaik yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator.

2. Tingkat Wilayah
Perguruan tinggi mendaftarkan 1 (satu) tim terbaik ke Kopertis Wilayah masing-masing dengan menggunakan format terlampir untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah. Pembagian perguruan tinggi tingkat wilayah dapat dilihat di dalam pedoman.

3. Tingkat Nasional
Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh 110 tim yang merupakan pemenang tingkat wilayah I s.d. XIV sesuai kuota. Adapun jumlah keseluruhan peserta tingkat nasional berjumlah 330 orang yang terdiri atas 220 mahasiswa Debaters dan 110 orang N1 Adjudicators.

4. Tingkat Internasional
Satu tim terbaik setelah tujuh babak penyisihan dan 3 (tiga) tim terbaik pada Grand Final Main Draw akan diprioritaskan untuk mewakili Indonesia mengikuti debat tingkat dunia  World University Debating Championship (WUDC) 2016 di Belanda.

Pedoman Umum NUDC Tahun 2016 dapat diunduh di sini 

 

Bagi mahasiswa yang ingin mengikuti NUDC, pastikan nama Anda tercantum di laman ForlapApabila belum tercantum, dapat menghubungi Bpk. Barry, S.Kom di Lab komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *