Mahasiswa Teknik Sipil se-Kalimantan Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Pengumuman Penerima Beasiswa PPA Tahap I Tahun 2018
24/05/2018
Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Muda di Era Milenial
31/05/2018
Tunjukkan semua

Mahasiswa Teknik Sipil se-Kalimantan Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

ITK News I Kegiatan Mahasiswa

Pontianak – Dua mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan dari Program Studi Teknik Sipil mengikuti pertemuan mahasiswa Teknik Sipil se-Kalimantan: Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Regional X (Kalimantan) pada 28 April sampai 2 Mei 2018 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) adalah wujud dari semangat Mahasiswa Teknik Sipil se-Indonesia untuk beraktivitas, menuangkan ide dan aspirasinya dalam suatu wadah. Adapun terbentuknya forum ini dilandasi oleh keinginan yang kuat untuk memberikan peran yang lebih besar oleh mahasiswa sipil dalam upaya pembangunan Nasional. Dalam perjalanannya FKMTSI dibagi menjadi 17 wilayah dan didalamnya terdapat puluhan bahkan ratusan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta yang telah melaksanakan Temu Wicara Nasional sebanyak 28 kali, termasuk Pertemuan Nasional (Penas) yang telah dilaksanakan sebanyak 2 kali (2006 di Balikpapan dan 2010 di Makassar).

Beragam kegiatan telah dilakukan di antaranya seminar yang mempertemukan peserta forum dengan pihak-pihak penting dan membahas mengenai tema yang diangkat pada tahun ini yaitu “Peranan Mahasiswa Teknik Sipil Dalam Menghadapi Revolusi Industri Ke-4”, dilanjutkan dengan Diskusi Panel antar seluruh peserta Regional X (Kalimantan) yang membahas permasalahan di daerah masing-masing dan kemudian hasil diskusi tersebut akan dibawa ke tingkat Nasional sebagai upaya pemecahan masalah.

Terdapat pula Kongres Regional dimana seluruh peserta forum melakukan sidang membahas segala bentuk ketetapan peraturan FKMTSI, disamping itu peserta juga diberi kesempatan menikmati wisata borneo Kota Pontianak dan melakukan kunjungan proyek. Berikut beberapa dokumentasi kegiatan FKMTSI Temu Wicara Regional X (Kalimantan).

Sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi mahasiswa Teknik Sipil Se-Indonesia hendaknya FKMTSI dapat menjadi kegiatan prioritas pada setiap institusi dan memasuki usia yang ke – 28 Tahun ini diharapkan FKMTSI dapat terus menjadi pelopor pergerakan mahasiswa Teknik Sipil Indonesia. Salam FK!

-end-

Himpunan Mahasiswa Sipil ITK untuk Humas ITK

Delegasi Teknik Sipil Institut Teknologi Kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *