Memahami Design Sprint dan DiLo Hackaton

ITK News I Kuliah Tamu Sistem Informasi

Balikpapan – Jumat, 16 November 2018, bertempat di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan, Developer Student Club (DSC) Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi Kalimantan (ITK) bekerja sama dengan Google menyelenggarakan kuliah tamu dengan tema Design Sprint & DiLO Hackaton. Kuliah tamu kali ini dibawakan oleh Istia Budi, CEO Media Kreasi Abadi dan Manajer DiLO Balikpapan, dan Muhammad Aqil Maulana sebagai Ketua DSC Chapter ITK, serta moderator Zakiah dari Program Studi Sistem Informasi.

 

Kuliah tamu dimulai dengan doa dan sambutan dari Ketua Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi, Is Rio Sena. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Istia Budi. Beliau menjelaskan design sprint dilakukan dengan understand the problem, decide sketch, and validate prototype.

 

Pada sesi ini, Istia Budi meminta peserta kuliah tamu untuk melakukan langkah awal design sprint yaitu understand the problem atau memahami masalah. Istia membagi peserta menjadi beberapa kelompok di mana tiap kelompok diharuskan untuk menyebutkan masalahnya masing-masing. Kelompok yang mampu mendefinisikan lebih dari 20 masalah, diminta untuk menjelaskan permasalahan tersebut dihadapan peserta kuliah tamu yang lain.

 

Seluruh peserta kuliah tamu tampak antusias mengikuti mini workshop ini. Sebagai penutup materi, Istia Budi mengharapkan di pertemuan selanjutnya masalah yang disebutkan dapat didefinisikan lebih mendalam.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Muhammad Aqil Maulana. Dia menyampaikan agenda dan sejarah perjalanan DSC Chapter ITK. DSC bertujuan memberikan kemampuan softskill mahasiswa ITK melalui serangkaian pelatihan, menyelesaikan permasalahan di masyarakat di era Revolusi Industri 4.0. Juga terkait regenerasi DSC tahun 2019. Keuntungan menjadi anggota DSC ialah mendapat pembelajaran dari kurikulum Google (Dicoding), mendapat pelatihan eksklusif, serta merchandise.

 

Kuliah tamu diakhiri dengan pemberian cenderamata kepada pemateri, penutupan dan foto bersama.

-end-

Penulis: Augustine Archi Mariatama, Sistem Informasi 2017.

Editor: Raydha Yulia, Sistem Informasi 2016.

Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *