Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan berhasil meraih Juara 1 LIKMI Kategori Usaha Kuliner Minuman. Adapun inovasi yang diolah adalah Coffee Mocktail dengan Sirup Mangrove. Inovasi minuman ini dibuat oleh Rifqi Dhani Hariyanto mahasiswa program studi Teknik Sipil. Rifqi dibawah bimbingan Marita Wulandari, S. T., M. T. (Dosen Teknik Lingkungan).

Bisnis tersebut terfokus pada bidang kuliner, atau Food and Beverages dengan menu pilihan coffee based, non-coffee based dan mocktail. Usaha Satu Circle Coffee yang diartikan pertemanan satu lingkaran. Satu Circle diinisiasikan oleh karena melihat perkembangan bisnis kopi yang meluas di kota Balikpapan bahkan seluruh Indonesia. Bisnis sudah berjalan kurang lebih selama 1 tahun, dimulai dari kopi botolan yang dijual secara online melalui media sosial Instagram (@satu.circle) sampai membuat toko offline sendiri. Coffee shop berlokasi di jl. Manunggal No. 53, Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Letak coffee shop sangat strategis, terletak di tengah kota Balikpapan, dan terdapat pula Perguruan Tinggi Universitas Mulia tidak jauh dari lokasi Satu Circle Coffee.

Produk utama yang di hasilkan ialah minuman kopi. Kopi yang di gunakan berasal dari biji kopi blend arabica dan robusta. Dari biji-biji kopi tersebut di giling menjadi bubuk, kemudian dilakukan penyeduhan dengan alat pembuat kopi (mokapot) atau handbrew, lalu hasil dari kopi tersebut diolah kembali dengan mencampurkannya dengan susu kental manis, susu full-cream atau dicampur dengan buah mangrove, tergantung dengan pesanan dari konsumen.

Kopi yang di gunakan di varian ini merupakan kopi jenis arabica yang berasal dari Sadarehe, Jawa Barat dengan notes (rasa mirip seperti) markisa, mangga dan citrus dengan cara penyeduhan cold-brew atau merendam kopi di dalam toples dan disimpan di suhu ruangan selama 18 jam. Hasil dari perendaman kopi ini kami jadikan bahan dasar membuat mocktail. Mocktail ini kami hidangkan di gelas rum, dengan garnish bunga telang sebagai penghias. Rasa yang kompleks dan balance dipadu dengan notes citrus membuat mocktail Magnificent Mangrove ini sangat spesial untuk dinikmati dikala santai bersama dengan senda gurau teman-teman.

Rifqi mengungkapkan “Senang berwirausaha, dan ingin mencoba hal baru tentang wirausaha”. Ide inovasi tersebut berawal dari lolosnya tim PHP2D tentang sirup Mangrove membuat Rifqi berpikir sepertinya dapat digunakan untuk campuran kopi. “Buah mangrove seringkali dianggap remeh, akan tetapi terdapat harta karun terpendam didalamnya. Buah Mangrove Pidada biasa di makan oleh masyarakat sekitar untuk rujak. Namun, asam nya yang kuat nan segar dapat digunakan sebagai campuran Mocktail Coffee. hingga akhirnyapun bereksperimen dan rasanya sangat segar” ujar Rifqi.

“Semoga banyak mahasiswa yang tergerak untuk melakukan atau membuat usaha. Mengingat negara maju dilihat dari banyaknya wirausaha di suatu negara, dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat yang membutuhkan” tutup Rifqi.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •