MOMEN MEMORABLE PADA YUDISIUM PROGRAM SARJANA JTSP PERIODE WISUDA MARET 2020 #JTSPJuara

Balikpapan – Ada yang berbeda dari Yudisium Program Sarjana Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan (JTSP), Yudisium yang sebelumnya hanya berupa pengumpulan berkas kepada tenaga kerja pendidikan kali ini berbentuk Ceremonial yang dilaksanakan di Auditorium Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada Jumat, 24 Januari 2020.

Acara yang diikuti oleh seluruh wisudawan JTSP periode Maret 2020, Ketua Jurusan, Koordinator program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Koordinator program studi Teknik Sipil, seluruh mahasiswa mahasiswa semester akhir dari prodi PWK dan Teknik Sipil ini diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan doa, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars ITK.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua JTSP Bapak Andika Ade Indra Saputra., S.T., M.T yang pada sambutannya menyatakan bahwa pada hari ini Yudisium mahasiswa JTSP ITK tidak hanya dilaksanakan dengan ucapan “Selamat anda lulus!” tetapi juga dapat dikenang dengan memberikan penghargaan atas capaian belajar wisudawan selama ini. Dalam kesempatannya disampaikan bahwa untuk menjadi sukses bisa dengan 3 cara, yaitu menjadi yang pertama, menjadi yang terbaik atau menjadi yang berbeda. Dia mencontohkan, JTSP harus jadi yang terbaik dan berbeda, salah satunya dengan terselenggaranya Yudisium yang berbeda dengan Jurusan lain, terlebih dibarengi dengan seminar motivasi yang disampaikan oleh salah seorang motivator senior di Kalimantan Timur.

Seminar motivasi ini bertujuan untuk menyemangati wisudawan untuk siap menghadapi dunia pasca kampus. Dalam seminarnya Dr. H. Yuliansyah, S.Hut., MP menyampaikan bahwa hanya ada 2 pilihan dalam menjalani hidup, berubah sesuai pilihan atau terpaksa berubah karena kondisi memaksa berubah tergantung bagaimana cara kita menghadapinya, beliau juga menyampaikan pesan melalui filosofi “Semakin cepat anda berlari, semakin cepat anda kesasar jika anda tidak punya tujuan” yang berarti jika kita ingin mencapai sesuatu keinginan dengan cepat kita juga harus memiliki tujuan yang jelas agar arah yang kita dapat fokus untuk mencapainya.

Suasana haru berhasil dibangun oleh Dr. H. Yuliansyah, S.Hut., MP ketika memutar sebuah video motivasi. Dari video tersebut para peserta yang hadir diberikan kesadaran bahwa ketika kemauan yang kita miliki sudah bulat akan ada banyak jalan untuk mencapainya. Bahkan pesan yang disampaikan dalam video sungguh berbeda, karena untuk menjadi juara yang sesungguhnya tidak perlu harus bias menjadi yang pertama.

Acara kemudian diteruskan dengan pemanggilan peserta dan penyerahan surat keterangan lulus yudisum oleh ketua jurusan JTSP. Terdapat pula pemberian penghargaan kepada lulusan terbaik JTSP periode maret 2020 yang diberikan kepada Novita Dewi Afsari.

Rangkaian acara Yudisium berbeda dari JTSP diharapkan dapat terus dilaksanakan hingga tahun – tahun berikutnya tidak hanya oleh JTSP tetapi juga oleh jurusan lain agar Yudisium yang sejatinya merupakan momen berharga bagi para wisudawan dapat terkenang sebagai buah dari usaha mengejar gelar sarjana #JTSPJuara

 

Humas|ZTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *