Monev KBMI, Tingkatkan Semangat Wirausaha Mahasiswa

Selasa, 5 November 2019, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang bertempat di ruang A301 kampus ITK. Kegiatan ini merupakan follow up dari program hibah KBMI yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa (belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Program KBMI memberikan hibah berupa bantuan modal bagi mahasiswa yang lolos seleksi proposal wirausaha pada bulan April-Juli. Mahasiswa yang berhasil mendapatkan dana hibah selanjutnya wajib menjalankan usahanya selama kurang lebih 4 bulan, terhitung dari bulan Juli hingga November 2019. Monev KBMI ini bertujuan untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan program KBMI oleh para penerima hibah.

Tahun ini ITK berhasil meloloskan empat proposal KBMI dengan judul Zalacca, Ricebowl Sampink , Million Crabs, dan Yoi Akuakulture. Zalacca dan Ricebowl Sampink bergerak di bidang makanan dan minuman yang masing-masing mengangkat potensi daerah Balikpapan, yaitu salak dan buah naga. Tim Zalacca menciptakan berbagai produk unggulan dengan bahan baku salak, diantaranya Zalacca chips, Zalacca risol, Zalacca Rolls, asinan, dan manisan salak. Tim Ricebowl Sampink mengolah kulit buah naga menjadi sambal ayam geprek yang dikemas dalam dalam bentuk ricebowl sebagai solusi makanan sehat, murah, dan ramah lingkungan. Selain bidang makanan dan minuman, terdapat Million Crabs dan Yoi Akuakultur yang bekerja di bidang budidaya. Million Crabs merupakan usaha pembenihan bibit kepiting yang bertujuan untuk memasok kebutuhan petani kepiting soka. Sedikit berbeda dengan Million Crabs, Yoi Akuakultur mengangkat usaha investasi berbasis syariah di bidang budidaya perikanan, meliputi: kepiting soka dan udang.

Monev KBMI yang dilaksanakan di kampus ITK diikuti tidak hanya oleh peserta dari ITK tetapi juga kampus lain di wilayah Kalimantan Timur, yaitu: Universitas Mulawarman dan Universitas Mulia. Tiga orang tim dari belmawa, Ibu Tipri Rose Kartika, Bapak Roni Lukmana, dan Bapak Luqman Nur Arief, turut hadir sebagai pemonev pada acara tersebut. Acara monev dimulai pukul 14.30 WITA hingga 18.30 WITA. Pada kesempatan ini, setiap tim mempresentasikan hasil dari program KBMI yang dijalankan meliputi proses usaha, kendala, hingga laporan keungan. Para peserta juga membawa contoh produk usaha masing-masing berikut atribut promosi, seperti: x-banner dan flayer. Wakil Rektor bidang Akademik ITK, Ibu Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D, menyampaikan harapannya dalam pembukaan monev tersebut agar usaha mahasiswa KBMI senantiasa berkembang dan menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain.

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *