Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan berperan aktif dalam mendukung berbagai kegiatan mahasiswanya. Salah satu kegiatan mahasiswa yang sering dilakukan adalah pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat adalah sebuah bentuk kegiatan civitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yaitu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan.

Tim Mahasiswa KKN Kelompok 8 telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Karang Joang KM. 15 dengan mengangkat topik “Budidaya Jamur Tiram”, dimana Kegiatan KKN Kelompok 8 membahas tentang pengolahan dan pemasaran jamur tiram di wilayah Karang Joang untuk meningkatkan daya tarik konsumen sehingga meningkatkan nilai jual dan pendapatan para petani jamur tiram di wilayah Karang Joang. Pada kegiatan tersebut tim kkn dibawah arahan dan bimbingan Nia Sasria, S.Si., M.T., ( Dosen Teknik Material dan Metalurgi /JIKL/ITK)  dan Rina Noor Hayati, S.Si., M.Si., (Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota/JTSP/ITK).

Kegiatan yang dilakukan berupa proses budidaya jamur tiram dari awal pembuatan baglog, pembibitan, panen jamur tiram, proses pengolahan jamur tiram hingga pemasaran jamur tiram melalui media sosial, penyebaran brosur dan poster. Proses budidaya jamur tiram dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu diawali dengan membuat media dasar tanam jamur dengan bahan dasar serbuk gergaji yang dibuat menjadi baglog, kemudian membuat bibit dari bahan dasar jagung, pembibitan dilakukan sesuai dengan prosedur dalam budidaya jamur tiram agar proses pertumbuhan jamur tiram berhasil. Proses pertumbuhan jamur tiram berlangsung selama 40 hari hingga jamur dapat dipanen dan diolah menjadi berbagai macam olahan jamur yang bermanfaat. Proses pengolahan jamur tiram menjadi makanan yang bernilai ekonomis, seperti jamur krispi dan nuget merupakan solusi yang diberikan oleh Tim KKN Kelompok 8 untuk meningkatkan nilai jual jamur tiram, dimana sebelumnya para petani hanya menjual jamur tiram yang masih mentah dan segar langsung ke tengkulak. 

Hasil kegiatan dari Tim KKN Kelompok 8, yaitu proses budidaya jamur tiram dari awal hingga akhir didokumentasikan oleh mahasiswa dalam bentuk video dan dipublikasikan ke channel youtube agar masyarakat lebih mengetahui cara budidaya jamur tiram dan pengolahannya menjadi makanan yang menarik dan bernilai ekonomis. Hasil panen dan olahan jamur tiram dijual dengan cara memasarkannya melalui media sosial, seperti instagram, channel youtube, penyebaran brosur dan poster baik secara digital maupun secara langsung ke masyarakat. 

Dampak positif dari hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim KKN Kelompok 8, yaitu budidaya jamur tiram di wilayah Karang Joang KM. 15 menjadi lebih dikenal secara luas, tidak hanya di wilayah Karang Joang saja, tetapi menyebar di Kota Balikpapapn secara umum, terutama di kalangan generasi muda.

#KampusMerdeka

Humas

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •