Pandemi Covid-19 Tak Menghalangi ITK Memperingati HUT Ke-75 RI

Balikpapan – Senin, 17 Agustus 2020, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia yang tergabung dalam serangkaian acara Opening Ceremony Dies Natalis 6 ITK. Dikarenakan Pandemi Covid-19, peringatan HUT RI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan tema Dies Natalis 6 ITK “The Miracle Of Technology In New Normal”, Ketua Tim Dosen Dies Natalis 6 ITK Bapak Syalam Ali Wira D. S., S.Si., M. Si. mengatakan “Dengan teknologi yang sangat canggih sekarang ini walaupun di era pandemi kita masih bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan secara online. Jadi dari kata miracle tersebut kita dapat mencari keajaiban dari teknologi untuk menjalankan kegiatan yang tetap produktif dan masih dapat dirasakan”

Opening Ceremony Dies Natalis 6 ITK dilaksanakan di Auditorium Lantai 3 ITK dengan merekam seluruh rangkaian acara dan dihubungkan menggunakan aplikasi Zoom. Seluruh partisipan yaitu Civitas Akademika ITK mulai dari Rektor hingga perwakilan beberapa mahasiswa di setiap ormawa menghadiri dengan meeting code yang telah tersedia. Acara dimulai dengen persembahan 2 buah lagu dari UKM Musik ITK dan dilanjut dengan Pembukaan Acara oleh MC. Kemudian, dilanjut Pembacaan Do’a dan penampilan dari UKM Seni Budaya ITK. Berikutnya ada Parade Bendera Jurusan yang menandakan seluruh jurusan siap mensukseskan Dies Natalis 6 ITK. Dilanjutakn sambutan oleh Ketua Tim Dosen Dies Natalis ITK dan Rektor ITK Bapak Prof. Ir. Budi Santosa, M. S., Ph. D. Acara puncaknya ialah Peresmian Pembukaan Dies Natalis 6 ITK yang dilaksanakan dengan memukul gong oleh Ketua Dies Natalis 6 ITK.

Setiap pelaksanaan Opening Ceremony selalu dilaksanakan bersama dengan HUT RI sehingga acara pertama dari Dies Natalis ITK ialah peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75. Sesuai arahan pemerintah dimana saat pukul 10.17 WIB seluruh masyarakat dihimbau untuk menghentikan seluruh kegiatan dan mengambil sikap sempurna untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Peringatan HUT RI di ITK juga dilaksanakan demikian dan dipandu oleh seluruh panitia Dies Natalis 6 ITK yang terpusat di Auditorium ITK dengan menyalakan instrumen dan diikuti oleh seluruh Civitas Akademik ITK baik di Aplikasi Zoom dan juga seluruh panitia yang ada di Auditorium.

Serangkaian Acara Dies Natalis ITK yang akan dilaksanakan setelah peringatan HUT RI mulai dari Bulan Agustus hingga November ialah serangkaian lomba 17-an yang dinamakan SPECTA Day. Berlanjut ke berbagai macam lomba, Talkshow, Sidang Terbuka Wisuda, Sidang Terbuka Senat pada Hari Ulang Tahun ITK yaitu 6 Oktober 2020, dan ditutup dengan acara puncak berupa penampilan budaya dan expo ITK. “Untuk seluruh rangkaian acara Dies Natalis dilakukan secara online. Jadi kita akan dapat merasakan keajaiban teknologi seperti apa pada beberapa acara. Seperti ITK Sport Competition yang biasa diadakan lomba olahraga akan menjadi e-sport­, Talkshow yang akan menjadi Webinar, Expo yang akan diadakan secara virtual live via Youtube, dan berbagai macam lomba berbasis inovasi” ujar Muhammad Ari Adha selaku Ketua Tim Mahasiswa Dies Natalis 6 ITK

Ketua Tim Mahasiswa berharap, semoga Dies Natalis 6 ITK berjalan lancar hingga akhir dan semoga ITK semakin jaya sesuai motto kita menyukseskan bumi etam. Ketua Tim Dosen menambahkan semoga ITK lebih baik ke depannya dan lebih berkarya untuk kebaikan negeri dan sekurang-kurangnya kebaikan untuk ITK sendiri serta semoga ITK membawa berkah.

 

Tim Humas | MAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *