Pelatihan ICT Bagi Pelaku Industri Rumah Tangga di Kutai Kartanegara

ITK News I Pengabdian Masyarakat

Tenggarong – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) tergabung dalam Asosisasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) menyelenggarakan pelatihan Information Communication and Technology (ICT) pada pelaku industri rumah tangga di SMKN 2 Kutai Kertanegara, Ahad, 28 Oktober 2018. Kegiatan ini merupakan implementasi kerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (KPPA) dalam upaya peningkatan kemampuan dan penguasaan teknologi informasi bagi pelaku UKM.

 

APTIKOM Kaltim mendapat amanah untuk melatih 400 anggota masyarakat yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Kalimantan timur. Peserta pelatihan merupakan ibu-ibu yang memiliki usaha rumahan di bawah naungan dinas provinsi/kota PPPA Kutai Kartanegara. APTIKOM KALTIM beranggotakan beberapa kampus di Kalimantan timur.  Selain ITK ada perguruan tinggi lainnya, yakni STMIK WICIDA Samarinda, STMIK Borneo Internasional Balikpapan, dan Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK) Bontang.

 

Sejumlah 40 peserta yang merupakan ibu-ibu rumah tangga tampak mengikuti pelatihan dengan sangat antusias. Mereka dikumpulkan dalam satu ruang kelas agar pelatihan efektif. SMKN 2 Tenggarong dipilih sebagai tempat pelatihan karena memiliki fasilitas komputer dan internet yang memadai. Materi yang diberikan antara lain pengenalan ICT, tips pencarian informasi di internet, penghitungan biaya produksi dan harga jual, pemasaran produk menggunakan media sosial, korespondensi surat menyurat, hingga pembuatan profil usaha dan pengajuan kebutuhan dana.

 

Pelatihan dilakukan mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 WITA. Sesi terakhir adalah materi simulasi menggunakan pasar online. Peserta belajar memasarkan produknya melalui pasar online ini.

 

Di akhir pelatihan peserta meminta agar pemerintah perlu secara rutin menyelenggarakan pelatihan serupa agar kemampuan masyarakat, khususnya ibu-ibu, dapat berkembang dan mampu meningkatkan produktifitas ekonomi keluarga.

-end-

Penulis: Tegar Palyus Fiqar, S.T., M.Kom.

Editor: RJP I Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *