Pelatihan Mendesain Kapal dengan Perangkat Lunak untuk Mengenalkan Ilmu Desain Kapal kepada Siswa SMKN 5 Balikpapan

Pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 di Laboratorium Komputer SMKN 5 Balikpapan, Tim dosen dan mahasiswa Institut Teknologi kalimantan (ITK) dari prodi Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan mengadakan pengabdian  masyarakat di SMKN 5 Balikpapan. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah  memberikan pelatihan desain kapal dengan software kepada 43 siswa XI SMKN 5 Balikpapan jurusan Teknik Perkapalan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Acara ini merupakan ajang silaturahmi antara ITK dan SMKN 5 balikpapan yang sama-sama mempunyai jurusan di bidang kemaritiman dan merupakan kegiatan untuk menggandeng SMKN 5 Balikpapan yang memiliki satu-satunya Jurusan Teknik Perkapalan yang eksis di Kalimantan. Diharapkan setelah lulus dari SMKN 5, siswa dapat melanjutkan ke bidang kemaritiman ITK, yaitu Teknik Perkapalan atau Teknik Kelautan.

“Selain mengajar dan penelitian, kewajiban kami untuk menyelenggarakan pengabdian masyarakat seperti ini adalah sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Acara ini dapat mengenalkan dunia maritim kepada siswa SMKN 5 Balikpapan yang memiliki jurusan-jurusan di bidang kemaritiman.

Siswa sangat senang bahwa mereka sudah bisa mendesain kapal sendiri dengan perangkat lunak ini. Acara ini diharapkan dapat diadakan setiap tahun agar para siswa kejuruan Teknik Perkapalan SMKN 5 bisa mengenal lebih jauh bidang kemaritiman yang ada di ITK” kata Anggoronadhi Dianiswara S.T., M.T., Ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

 

| Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *