Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui Tim dosen dari Program Studi Matematika yaitu Annisa Rahmita Soemarsono, Kartika Nugraheni, Indira Anggriani, Winarni, Muliady Faisal, Muhammad Azka, Abrari Noor Hasmi, dan Sigit Pancahayani bersama mahasiswa menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Pembinaan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) Matematika Saintek sebagai Alternatif Pembelajaran Daring bagi Calon Mahasiswa Baru. Kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai siswa lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah.

Pada kegiatan ini telah dilaksanakan Pembinaan UTBK (Ujian Berbasis Komputer) Matematika sebagai Alternatif Pembelajaran Daring bagi Calon Mahasiswa Baru dengan pembagian 8 sesi kelas online dan 1 kali Try Out. Pada tiap-tiap pertemuan dari 8 sesi kelas online, peserta mendapatkan rangkuman materi, soal dan pembahasan. Materi pertemuan 1 tentang Turunan disampaikan oleh Bapak Muliady Faisal. Pada pertemuan 2, peserta mendapatkan materi tentang Integral yang dipaparkan oleh Ibu Kartika Nugraheni. Selanjutnya, materi pertemuan 3 tentang Teori Peluang dan Matematika Keuangan disampaikan oleh Bapak Muhammad Azka. Pada pertemuan 4, peserta mendapatkan materi tentang Trigonometri yang dipaparkan oleh Ibu Winarni. Kemudian, materi pertemuan 5 tentang Barisan dan Deret, serta Limit, disampaikan oleh Ibu Annisa Rahmita Soemarsono. Pada pertemuan 6, peserta mendapatkan materi Fungsi (Fungsi Komposisi, Fungsi Kuadrat, Eksponen, Logaritma dan Polinomial) yang dipaparkan oleh Ibu Indira Anggriani. Sesi pemberian materi ditutup dengan pemberian materi Bidang Datar, Lingkaran, Irisan Kerucut, dan Transformasi Geometri yang disampaikan oleh Bapak Sigit Pancahayani pada pertemuan 7. Di akhir kegiatan sebelum pelaksanaan Try Out pada Pertemuan 8, peserta mendapatkan modul secara lengkap yang berisi rangkuman materi, soal, dan pembahasan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 8. Dengan harapan modul tersebut dapat menjadi bekal bagi peserta kegiatan dalam menghadapi UTBK.

Gambar 1. Penyampaian Materi

Harapan dari kegiatan ini ialah dapat sebagai alternatif pembelajaran daring yang dapat mengkoordinasi para siswa, khususnya bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat yang akan bersaing menempuh UTBK. Mengingat beberapa di antara para siswa tersebut hanya mengandalkan pembelajaran seadanya akibat keterbatasan biaya, sehingga sebuah alternatif pembelajaran daring perlu dilakukan untuk membantu persiapan para siswa tersebut dalam menghadapi UTBK di tengah pandemi.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •