Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan (ITK) tahun ini memiliki 22 program studi yang tersebar dari 5 jurusan yaitu:

  1. Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi : Matematika, Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Aktuaria, Statistika, dan Bisnis Digital.
  2. Jurusan Sains, Teknologi Pangan dan Kemaritiman : Fisika, Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Teknologi Pangan.
  3. Jurusan Teknologi Industri dan Proses : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Rekayasa Keselamatan, dan Teknik Logistik.
  4. Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan : Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, dan Desain Komunikasi Visual.
  5. Jurusan ilmu kebumian dan lingkungan : Teknik Lingkungan dan Teknik Material dan Metalurgi.

Saat ini telah berlangsung pembukaan jalur Seleksi Ujian Masuk Mandiri Terpadu (SUMMIT) sejak 24 Juni-8 Juli 2022. Kemudian dilanjutkan seleksi dari 8-14 Juli 2022, dan pengumuman kelulusan pada 15 Juli 2022. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki akun LTMPT, tetap bisa mendaftar karena SUMMIT adalah jalur yang diadakan oleh ITK secara mandiri. SUMMIT merupakan rangkaian kegiatan dari Penerimaan Mahasiswa Baru ITK. SUMMIT sendiri membuka 3 jalur, yaitu jalur dengan nilai UTBK, jalur nilai raport, dan jalur kemitraan (dilakukan antara Instansi/Perusahaan/Sekolah dengan ITK).

Tahap Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran online
  2. Memilih program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak tiga program studi
  3. Mengunggah dokumen-dokumen lain sesuai dengan isian formulir online
  4. Melakukan pembayaran di bank yang telah ditentukan

Persyaratan Peserta

  1. Siswa SMA/MA/SMK (IPA)/Sederajat lulusan tahun 2019, 2020 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2021 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah
  3. Memiliki sertifikat UTBK dan Nilai UTBK
  4. Memiliki NISN
  5. Memililiki NPSN
  6. Bagi yang tidak memiliki nilai UTBK dapat mendaftar pada jalur nilai rapor

Pada SUMMIT tahun ini ada yang berbeda yaitu Untuk UKT jalur SUMMIT tahun ini ITK akan mengadakan kebijakan baru dimana UKT akan dihitung sesuai dengan penghasilan orang tua calon mahasiswa seperti peserta SNMPTN dan SBMPTN. Namun jalur SUMMIT tetap ada biaya SPI dan bisa dicicil. Namun, SUMMIT tidak bisa menggunakan KIP-K. Namun calon mahasiswa tidak perlu kwatir ada beberapa beasiswa yaitu beasiswa Pemprov Kaltim, Pertamina, Bank Indonesia, SPE dan masih banyak. Untuk daya tampung SUMMIT ialah 5-10% dari kuota tiap prodi. Update mengenai informasi SUMMIT, calon mahasiswa dapat langsung mengakses di summit.itk.ac.id. Kemudian terkait informai lebih lanjut dapat menghubungi Whatsapp Humas ITK di nomor 08115390801 (email : humas@itk.ac.id).

Mari Bergabung Bersama Kampus Pejuang.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •