Pendaftaran MSIB Angkatan 4 Segera Dibuka, Simak Apa Itu MSIB?

by | Dec 14, 2022 | Berita-ITK, Informasi ITK, Kampus Merdeka

Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan menginformasikan kepada seluruh mahasiswa ITK bahwa program MSIB akan segera dibuka. Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MSIB adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan mahasiswa mendapatkan keterampilan dan kompetensi utama, terbaik, dan terkini untuk menghadapi dunia masa depan. Mahasiswa mendapat pengalaman belajar diluar kampus selama lebih dari 16 hingga 24 minggu dengan mengkonversi SKS mata kuliah yang diambil.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, MSIB bukanlah program magang atau program studi independen biasa. Melainkan program yang bekerjasama langsung dengan perusahaan dan organisasi terkemuka di dunia untuk memastikan bahwa siswa dibimbing oleh para profesional yang berpengalaman.

Sebelum mendaftar pada program Magang atau Studi Independen, pastikan Anda sudah membuat akun Kampus Merdeka. Jika belum memiliki akun Kampus Merdeka, silakan ikuti panduannya dengan klik di sini.

Berikut cara mendaftar program Magang dan Studi Independen Bersertifikat:

1. Kunjungi website Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke akun Anda.

2. Kemudian lakukan langkah berikut:

  • Jika ingin mendaftar ke program Magang, klik “Magang Bersertifikat” lalu klik “Cari Posisi Magang“.
  • Jika ingin mendaftar ke program Studi Independen, klik “Studi Independen Bersertifikat” lalu klik “Cari Kelas Studi Independen“.

3. Anda dapat melihat kegiatan atau lowongan yang tersedia dan melakukan filter kegiatan yang diinginkan dengan klik “Tambah Filter”, kemudian klik “Cari”

4. Pilih salah satu kegiatan untuk melihat rinciannya dan mendaftar kegiatan tersebut.

5. Pada laman ini Anda dapat melihat rincian kegiatan seperti deskripsi proyek, kriteria peserta, profil perusahaan, dan informasi tambahan lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin mendaftar, silakan klik tombol “Daftar”.

Catatan: Tombol “Daftar” akan non aktif jika periode rekrutmen dari Mitra sudah ditutup atau jumlah kuota sudah terpenuhi.

6. Setelah itu muncul formulir dan kolom yang perlu Anda isi untuk pendaftaran. Jika sebelumnya Anda telah melengkapi halaman profil, maka kolom-kolom di bawah ini akan otomatis terisi menyesuaikan yang telah Anda lengkapi.

a. Unggah Dokumen Mahasiswa diminta untuk mengunggah dokumen berikut: 
Wajib
1. Curriculum Vitae
2. Transkrip Nilai
3. Surat Rekomendasi
4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
5. Foto atau scan KTP AndaMasing-masing dokumen dalam format PDF, maksimal 2 MB

Opsional
1. Sertifikat pengalaman organisasi
2. Dokumen tambahan
Kemudian klik ‘Selanjutnya’

6. Silakan cek kembali kelengkapan data diri Anda, pastikan seluruh informasi yang tertera di laman ini sudah benar dan sesuai. Apabila ada kesalahan di data akademik, segera hubungi sekretariat kampus, Anda tetap bisa melanjutkan pendaftaran, tapi perbedaan data mungkin akan berpengaruh ke proses rekrutmen

7. Kemudian masuk ke langkah terakhir, yaitu Ringkasan Kegiatan dan Pernyataan Kesanggupan & Komitmen. Silakan baca dan pahami.

Kemudian jika kamu sudah setuju dengan tiap butir Pernyataan Kesanggupan & Komitmen, silakan berikan tanda centang pada setiap pernyataan. Setelah itu klik ‘Daftar’.

8. Pendaftaran terkirim! Mitra perusahaan akan memeriksa dokumen pendaftaran kamu. Silakan cek di sini untuk mengetahui cara melihat status pendaftaran.

Yuk segera lengkapi berkasnya! Pastikan berkasmu benar dan lengkap. Ingat segala berkas yang harus dikumpulkan harus asli ya.

Mari, bersama-sama kita #berprosesmeraihsukses

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content