PENGABDIAN MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN TAHUN 2019 SCARTCH CODING FOR KIDS MIT DENGAN PENDEKATAN GAME AND STORY TELLING KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 017 BALIKPAPAN

MAHASISWA ITK JUARA CIVILPHORIA COMPETITION 2019
19/11/2019
PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS ITK TAHUN ANGGARAN 2019
21/11/2019
Tunjukkan semua

PENGABDIAN MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN TAHUN 2019 SCARTCH CODING FOR KIDS MIT DENGAN PENDEKATAN GAME AND STORY TELLING KEPADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 017 BALIKPAPAN

Pada hari Sabtu, 7 September 2019, Institut Teknologi Kalimantan, telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SDN 017 Balikpapan yang diketuai oleh Gusti Ahmad Fanshuri Alfarisy, S.Kom., M.Kom., didanai dari internal ITK yaitu dari LPPM, serta dilakukan oleh beberapa dosen dan mahasiswa prodi Informatika. Dalam kegiatan ini telah dilakukan pelatihan tentang scratch coding dengan pendekatan game dan story telling, yang pesertanya adalah para siswa/i kelas 5 SDN 017 Balikpapan.

Scratch merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis visual yang interaktif dan menyenangkan. Dengan Scartch programmer dapat membuat berbagai macam animasi, permainan, dan kreasi lainnya. Scartch memudahkan programmer dalam membuat program tanpa harus khawatir dengan penulisan sintaksis, karena tidak perlu menulis script, cukup dengan drag and drop blok – blok kode yang sudah disediakan, kemudian disusun dan membentuk sebuah logika yang bisa dijalankan sehingga menjadi sebuah program. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh MIT MEDIA LAB dari Massachusetts Institute of Technology yang dirancang untuk pembelajaran anak dari umur 8 sampai 16 tahun. Tetapi, bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan programmer pemula untuk berlatih computational thinking.

Dalam pelatihan ini, para siswa/i dilatih dan dibimbing mulai dari proses membuat permainan dengan coding, sampai jadi sebuah permainan berbasis komputer. Namun pertama – tama, sebelum masuk dalam kegiatan pelatihan, para siswa/i diberikan pre­­­­-test untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa/i tentang Scartch Coding, kemudian dikelompokkan 2 sampai 3 siswa/i lalu diberikan laptop untuk belajar Scartch Coding dengan mengikuti panduan dosen yang memimpin dalam pelatihan, selain itu para mahasiswa/i membantu para siswa/i untuk mempermudah dan mengarahkan cara belajar Scratch Coding yang benar sampai dapat membuat suatu permainan sesuai panduan dosen. Setelah para siswa/i berhasil membuat permainan, diberikan lagi pre-test untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa/i setelah menggunakan Scratch Coding dan membuat permainan berbasis computer menggunakan Scratch Coding.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar para siswa/i SDN 017 Balikpapan Utara dapat mengenal yang namanya coding, mengetauhi cara membuat suatu program dengan cara coding dan menumbuhkan softskill-nya dibidang coding melalui Scratch Coding.

Foto saat kegiatan pelatihan Scratch Coding sedang berlangsung

Foto bersama dosen dan mahasiswa/i Institut Teknologi Kalimantan dengan para guru SDN 017 Balikpapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *