Pengabdian Masyarakat “Penjernihan Air Tanpa Menggunakan Bahan Kimia” Oleh Teknik Kimia ITK

HIMBAUAN REKTOR ITK DALAM MENGHADAPI COVID-19
03/03/2020
KRISTIN NOVA HANDAYATI, WISUDAWAN TERBAIK ITK DENGAN IPK 3.85
16/03/2020
Tunjukkan semua

Pengabdian Masyarakat “Penjernihan Air Tanpa Menggunakan Bahan Kimia” Oleh Teknik Kimia ITK

 Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Kalimantan merupakan rangkain acara CHLORINE 2019 (Chemical Engineering In Extraordinary Event) yang di agenda setahun sekali dan pertama kalinya diselenggarakan oleh program studi Teknik Kimia. Rangkaian acara ini dilaksanakan pada 7 Februari 2020 di Institut Teknologi Kalimantan dengan menghadirkan pemateri berkompeten Dr. Eng. Lusi Ernawati, S.T., M.Sc. selaku Dosen Teknik Kimia Institut Teknologi Kalimantan. Mengusung tema bertajuk “Solusi Penanganan Limbah Rumah Tangga dan Pembuatan Brownies, Yoghurt dan Cokelat menggunakan Bahan Dasar Tempe”, pengabdian masyarakat ini diikuti ibu-ibu sekitar 200 Orang.

“Saya mendapatkan pengalaman dalam bersosialisasi dengan masyarakat luas serta dapat membagi ilmu kepada mahasiswa sehingga mampu meningkatkan keterampilan dalam menginovasi produk pangan olahan tempe. Tujuan pengabdian ini untuk memberdayakan masyarakat dalam pengembangan produk, melatih jiwa kewirausahaan, dan mendapatkan tambahan penghasilan. Selain itu juga Program ini juga ditujukan untuk memberikan sosialisasi cara pembuatan cokelat tempe. Harapannya, berdasar-kan informasi tersebut ibu-ibu dapat mengembangkan usaha produksi cokelat tempe lebih luas jangkauannya, tidak hanya di wilayah setempat saja. Melainkan bisa ke wilayah-wilayah lain sampai tingkat kecamatan pada umumnya. Produk cokelat tempe tersebut bisa dikenal oleh masyarakat indonesia”  tegas Dr. Eng. Lusi Ernawati, S.T., M.Sc. selaku Dosen Teknik Kimia Institut Teknologi Kalimantan

Maulida sebagai ketua acara pengabdian Masyarakat menuturkan bahwa pengabdian masyarakat ini sangat penting bagi ibu-ibu di lingkungan Institut Teknologi Kalimantan.

“Pengabdian masyarakat ini sangatlah penting karena banyak keluhan bahwa air di perumahan sekitar lingkungan ITK tidaklah jernih, kemudian pengabdian masyarakat ini membahas penjernihan air tanpa menggunakan bahan kimia jadi ibu-ibu tidak perlu takut akan bahayanya” Tegas Maulida.

Pengabdian Masyarakat ini bukan hanya membahas penjernihan air limbah rumah tangga dan diversifikasi pangan berbasis tempe melainkan terdapat cek kesehatan gratis, doorprize untuk masyarakat yang datang ke Institut Teknologi Kalimantan.

“Bagi saya, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, tolong menolong antar sesama, kerjasama kelompok, saling menghargai satu sama lain, dan melatih komunikasi antar sesama. Selain itu, kegiatan ini dapat dijadikan ladang pengalaman dan pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa kepedulian, kepekaan, dan tanggap terhadap segala situasi dan kondisi. Saya berharap semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berguna bagi masyarakat sekaligus mahasiswa untuk membangun kesadaran kepada sesama serta mengetahui berbagai manfaat yang akan kita peroleh jika kita berkontribusi terhadap masyarakat luas. Membangun kegiatan sosial adalah kegiatan yang mulia, kita dapat mewujudkan kepedulian terhadap sesama terutama bagi orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan” Imbuh Ibu Lusi Ernawati

TIM HUMAS|KNK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *