Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Mesin ITK

Kuliah Umum Beasiswa LPDP
19/10/2016
Dosen ITK Berlomba Melanjutkan Studi S3 ke Luar Negeri
25/10/2016
Tunjukkan semua

Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Mesin ITK

Program Studi Teknik Mesin Institut Teknologi Kalimantan melakukan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dosen Teknik Mesin, Illa Rizianiza. Dengan tema tentang perawatan sepeda motor, kegiatan ini ditujukan bagi pemuda karang taruna Karang Joang dalam bentuk pelatihan yang tidak hanya diisi dengan teori namun juga praktik. Sebanyak 25 pemuda menghadiri dan mengikuti dengan antusias pada kegiatan yang berlangsung di Kampus ITK, Sabtu, 17 September 2016.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan secara teori mengenai komponen-komponen sepeda motor dan cara mengatasinya jika terjadi masalah. Kemudian teori yang sudah didapatkan, diaplikasikan pada sepeda motor melalui praktik secara langsung. Menariknya, tidak hanya peserta lelaki yang antusias, namun juga peserta wanita juga turut serta melakukan praktik langsung.

 

Dibantu oleh Student Automotive Association (SAA), yang merupakan salah satu kelompok minat di ITK, kegiatan pelatihan ini menjadi lebih tepat guna karena dibantu dengan disediakannya komponen-komponen sepeda motor secara nyata dan ditunjukkan kepada para peserta di sela-sela pemaparan teori.

Bagaimanapun, peserta pelatihan perawatan sepeda motor ini sebagian besar merupakan siswa SMA/SMK yang baru lulus. Sehingga besar harapan ketua penyelenggara agar pelatihan yang didapat bisa menjadi salah satu penunjang dalam membuka bengkel sendiri. “Jadi tidak hanya dapat ilmu, tapi bagi mereka yang ingin berwirausaha dengan membuka bengkel, bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat”, ujar Illa saat mengutarakan tujuan akhir pelatihan ini. Selanjutnya, semoga akan selalu ada kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang akan diadakan oleh prodi Teknik Mesin khususnya yang bermanfaat bagi sekitar.

Devy Setyorini untuk Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *