Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui dosen program studi Sistem Informasi melakukan pendampingan terhadap “Pengelolaan Sistem Informasi Berbasis Web Dalam Mendukung Penerapan Smart School di Sekolah Balikpapan”. Hal yang melatar belakangi kegiatan tersebut adalah dengan adanya perkembangan teknologi yang berkembang saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap seluruh aktivitas di berbagai sektor, salah satunya adalah dunia pendidikan. Pendidikan merupakan sektor penting bagi perkembangan SDM, oleh karena itu sudah seharusnya sektor ini mendapat dukungan penuh. Konsep smart school merupakan sistem yang ditujukan untuk memberikan kemudahan baik dari segi pembelajaran atau pengelolaan data akademik. Konsep ini memberikan dukungan kepada sekolah agar mampu melibatkan teknologi dalam seluruh aktivitasnya. Untuk dapat mewujudkan konsep ini sekolah memerlukan pendampingan dalam mengintegrasikan aktivitas di sekolah dengan teknologi. Salah satu sekolah yang perlu mendapatkan pendampingan di Balikpapan adalah Sekolah Islam Al-Azhar 58 Balikpapan. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki kualitas bagus pada jenjangnya. Namun, ternyata dalam aktivitasnya khususnya dalam pengelolaan data akademik, prose yang dilakukan masih bersifat manual. Melihat keadaan ini kami tim pengabdian dari ITK melakukan pendampingan pengelolaan sistem informasi akademik. Pendampingan yang dilakukan akan dibagi menjadi 3 tahapan, yakni tahap perencanaan, pengembangan dan penerapan. Adapun pelaksanaan kegiatan pendampingan yang dilakukan dijabarkan pada diagram alir di bawah.


Gambar 1. Diagram Alir Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Gambar 2. Laman Login Sistem Akademik

Dalam pelaksanaannya, pendampingan pertama yakni melakukan perencanaan. Tahapan ini dilakukan untuk membantu sekolah dalam menganalisa kebutuhan dari segi fungsional dan non fungsional. Selain itu dalam tahapan ini juga dilakukan pengumpulan data yang diperlukan dalam membangun sistem. Selanjutnya pada tahap kedua dilakukan pengembangan sistem dan pada tahap terakhir dilakukan penerapan sistem. Berikut rancang bangun dari sistem informasi akademik yang sudah dibuat. Dimana dalam pengembangannya sistem dibuatkan laman login untuk membatasi hak akses setiap guru dalam melakukan penginputan data. Selain itu sistem ini juga dibuat menjadi 4 menu yakni, menu utama, sesi, penilaian, dan keuangan.

Penerapan sistem dilakukan dengan mengadakan FGD dengan seluruh civitas akademik sekolah. Kegiatan FGD dilakukan secara online karena pada pelaksanaannya masih belum diperbolehkan untuk dilakukan secara offline. Pada kegiatan ini kami juga memberikan manual book sebagai dokumen pendamping dalam pengoperasian sistem, jika dalam penggunaannya nanti masih terdapat masalah.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •