Perkuat Ekonomi Keluarga Melalui Koperasi

ITK News I Koperasi

Balikpapan – Dosen Program Studi Matematika ITK, Muhammad Azka, S.Si., M.Si, terpilih sebagai Ketua Koperasi ‘Pejuang’ Institut Teknologi Kalimantan (ITK) pada Selasa, 18 Desember 2018. Azka mengajak seluruh dosen dan karyawan ITK untuk bergabung menjadi anggota guna memperkuat ekonomi keluarga.

 

“Dengan menjadi anggota koperasi, kita dapat membantu perekonomian keluarga dan memberdayakan masyarakat sekitar,” kata Azka yang terpilih melalui musyawarah anggota dalam Rapat Anggota Tahunan yang dipimpin ketua periode sebelumnya Himawan Wicaksono, S.ST., M.T.

 

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Himawan mengatakan kepengurusannya telah meletakkan dasar bagi pengurus yang baru. Banyak tantangan yang dihadapi. Meski demikian ia optimis Koperasi ITK akan berkembang seiring perkembangan ITK. “Pengurus baru dapat melakukan diversivikasi usaha, seperti perluasan swalayan mini dari yang ada saat ini, penyewaan komputer, jasa pengiriman barang, pembayaran secara e-money, hingga penggilingan barang bekas,” ujarnya. Koperasi Pejuang ITK dibentuk pada 2016

 

Penasehat Koperasi Pejuang ITK, Drs. Imam Safii, mengatakan Koperasi ITK dapat mencontoh Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kampus ITS yang omsetnya sampai hitungan milyar, masyarakat sekitar dapat terbantu karena produk hasil industri rumah tangga dapat dijual di sana, membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diraih cukup besar, bahkan dapat melebihi gaji bulanan.

 

“Dengan kepengurusan yang baik, penerapan sistem keuangan yang baik, transparan, akan menimbulkan kepercayaan dari anggota. Koperasi akan tumbuh menjadi sumber ekonomi bagi keluarga. Koperasi kampus dapat menjadi motor perubahan ini,” ujar Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan ITK tersebut. Pak Imam salah satunya memiliki saran, pengurus koperasi selanjutnya dapat bekerja sama dengan PT. Pos untuk pengiriman barang, karena selama ini pelayanan jasa logistik yang ada jaraknya cukup jauh dari kampus ITK.

-end-

Ridho Jun Prasetyo I Humas ITK

Ketua Koperasi Pejuang ITK Terpilih Periode 2018-2019

Ketua Koperasi ITK Periode 2017-2018, Himawan Wicaksono memaparkan kinerja dan rencana koperasi.

Drs. Imam Safii, Penasehat Koperasi Pejuang ITK

Drs. Imam Safii, Penasehat Koperasi Pejuang ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *