Balikpapan- Institut Teknologi Kalimantan pada (11/03/22) melakukan sebuah Forum Pimpinan Kemahasiswaan. Forum kegiatan ini dihadiri oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan dari perguruan tinggi  di Kalimantan. Kegiatan ini merupakan media dalam bertukar pikiran dan bersinergi dalam meningkatkan prestasi mahasiswa di berbagai kegiatan, pengembangan karakter dan mendukung program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Pada forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan Wakil Rektor/Wakil Direktur/Wakil Ketua turut hadir diantaranya adalah Dr. E. Akhmad Syaifudin (Universitas Mulawarman) selaku Lurah, Dr. Muhammad Fauzi (Universitas Lambung Mangkurat), Nurul Widiastuti, Ph.D. (Institut Teknologi Kalimantan), Dr. M. Djaya Bakri (Universitas Borneo Tarakan), Prof. Dr. Suandi Sidauruk (Universitas Palangka Raya), Dr. Achmadi, M.Si. (Universitas Tanjungpura), Hamsir, S.Pd., M.T. (Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan), Dr. Ir. Sigit Sugiardi (Universitas Panca Bhakti Pontianak), Ghozali MH, M.Kes, Ph.D. (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur), Mundzir, S.Kom., M.T. (Universitas Mulia), Abd Mukmin R, M.H. (Universitas Widya Gama), dan Ir. Rahmat Rusli, S.T., M.T. (Universitas Balikpapan).

Rangkaian acara pada forum ini diawali dengan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik ITK, Nurul Widiastuti, SSi, MSi, PhD selaku tuan rumah dan dilanjutkan dengan sambutan dari Lurah forum pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan se Kalimantan, Dr. E. Akhmad Syaifudin dari Universitas Mulawarman dan dilanjutkan dengan diskusi serta diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama dan surat permohonan kepada otorita . Pembawa acara ini, yaitu Ainun Zulfikar, ST., MT selaku Koordinator Bidang Kemahasiswan dan Alumni ITK.

Seluruh pimpinan yang hadir tersebut melakukan penandatangan kesepakatan bersama, antara Perguruan Tinggi se-Kalimantan untuk  melaksanakan kegiatan kemahasiswaan bersama yang mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), peningkatan prestasi, pengembangan karakter, dan kegiatan kemahasiswaan lainnya yang akan direkognisikan dalam Satuan Kredit Semester (SKS) dan/atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) sebagaimana ditentukan oleh Perguruan Tinggi masing-masing. Kesepakatan bersama ini merupakan  PKS dari MoU Kalimantan University Consorsium (KUC) yang telah ditandatangani oleh Rektor dari Perguruan Tinggi di Kalimantan.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga perlunya peningkatan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi, yang sekaligus mendorong peningkatan kualitas institusi, lulusan, mahasiswa dan dosen. Salah satu diantaranya dalah IKU 1 dengan strategi meningkatkan pengisian tracer study, serta upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan dengan indikator mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji minimal 1,5 UMR, serta lulusan yang studi lanjut dan berwirausaha. Selain itu, untuk mendukung program MBKM, dalam kerjasama ini digagas keikutsertaan mahasiswa di Kalimantan dalam proses pembangunan IKN. Surat permohonan ke Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara untuk melibatkan mahasiswa dalam program MBKM di IKN juga dihasilkan dalam pertemuan ini. 9 kegiatan MBKM diantaranya adalah pertukaran mahasiswa, praktik magang/proyek industri, proyek di desa, penelitian/riset, wirausaha, proyek independen, mengajar di satuan pendidikan, proyek kemanusiaan dan pembelajaran lintas program studi/lintas rumpun ilmu dan bela negara. Penekanan kepada kemanusiaan dan pemberdayaan juga menjadi  isu yang harus diperhatikan. Setelah kegiatan forum diskusi berakhir para pimpinan bidang kemahasiswaan melakukan kunjungan ke IKN untuk melihat langsung lokasi IKN yang berada di Kabupaten Penajam.

Selain itu, telah disusun pula program kerjasama kegiatan kemahasiswaan dengan Kemah Daring Prestasi Mahasiswa se Kalimantan dan Borneo. Kegiatan ini terdiri atas Seni teater/pertunjukan dengan koordinator dari Universitas Mulawarman, Seni musik/suara dengan koordinator dari UPR, Seni bela diri dengan koordinator dari ULM, Seni tari dengan koordinator dari UBT, Sins dan Teknologi dengan koordinator dari ITK dan Kewirausahaan dengan koordinator dari Universitas Panca Bhakti Pontianak. Kegiatan ini akan menjadi salah satu kegiatan nasional dengan peserta dari 5 propinsi di Kalimantan dan juga internasional melalui kerjasama dengan univesitas di Brunei dan Malaysia dalam Borneo. Dalam hal kegiatan pengabdian masyarakat dan KKN yang dilakukan mahasiswa perlu terus ditingkatkan dan dikembangkan. Aktivitas tersebut merupakan peran dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk terwujudnya prestasi yang baik bagi seluruh perguruan tinggi yang ada di Kalimantan dan dapat juga dikolaborasikan diantara perguruan tinggi di Kalimantan.

Semua kegiatan dalam kerjasama ini tentunya dapat menjadi ajang bagi perguruan tinggi yang ada di Kalimantan untuk dapat terus bersinergi dalam berbagai prestasi yang ada baik nasional dan internasional.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •