Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada (18/04/2022) melangsungkan konferensi pers pemilihan rektor ITK Periode 2022-2026. Konferensi pers tersebut berlangsung di ruang rapat LPPM ITK. Pada kesempatan tersebut Dr. Moch. Purwanto. selaku ketua panita pelaksanaan pemilihan rektor ITK, menyampaikan terkait tentang struktur kepanitian yang akan mensukseskan pemilihan Rektor ITK. Proses pemilihan rektor ITK menyampaikan untuk periode rektor sebelumnya akan berhenti pada 18 Desember 2022, sehingga perlu dibentuk kepanitian dalam pemilihan rektor tersebut. Terkait pemilihan tersebut sesuai dengan peraturan Senat No. 3 Tahun 2022. Moch Purwanto menyampaikan “Mengundang seluruh putra putri terbaik bangsa untuk dapat berkontribusi dan memajukan ITK terlebih ITK menjadi salah satu institusi yang dekat dengan IKN”.

Pada konferensi tersebut sekaligus rilisnya website untuk memudahkan terkait informasi pemilihan rektor ITK yaitu pilrek.itk.ac.id. Serta pada kegiatan tersebut disampaikan terkait timeline pendaftaran yaitu Pendaftaran Bakal Calon rektor, Seleksi Administrasi, Pengumuman Hasil Penjaringan, Penyampaian Visi Misi, Penyaringan dan Penetapan 3 Calon, dan Pemilihan Calon Rektor. Pada website pemilihan rektor ITK terdiri dari syarat calon dan syarat berkas, jadwal pendaftaran, diagram alir pelaksanaan, aturan terkait seleksi pemilihan rektor ITK, dan panduan pendaftaran bagi user.

Kriteria yang harus dimiliki oleh bakal calon rektor ITK mendatang adalah yang terpenting berwawasan global karena ITK meruapakan salah satu institut yang berlokasi sebagai penyangga IKN. Memiliki semangat untuk membangun ITK pada dunia idustri 4.0 karena ITK akan menjadi rujukan pada bidang teknologi. Selanjutnya adalah sosok pemimpin yang memiliki integritas yang tinggi untuk membangun ITK lebih baik dari yang sudah dicapai. Kemudian rektor yang memiliki semnagat kolaborasi untuk menjalin kerjasama baik itu dengan industri, pemerintah, pihak swasta, dan media. Pada pemilihan rektor ITK nantinya akan ada senat tertutup ITK dengan terdapat proporsi pemilihan yaitu besar presentase untuk kementrian yaitu 35% dan senat ITK yaitu 65%. Dimana sebelum itu terdapat penyampaian visi dan misi oleh bakal calon rektor ITK yang akan disaksikan oleh seluruh civitas akademik ITK dan masyarakat umum, hal ini untuk mengetahui bagaimana arah yang akan dibaa oleh calon bakal rektor ITK. Rektor harus dapat merangkul berbagai sektor dan menjalin kerjasama. Berikut adalah panduan pendaftaran :

SPECTA – Untuk Sang Pencipta dan Bumi Etam

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •