Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui program studi Teknik Perkapalan mengadakan kegiatan Etam Ship Competition (ESC) 2022. Tema dari kegiatan yang diadakan adalah BORNEO PARADISE (The Beauty of Nusantara (IKN) and its Huge of Potential : Natural Resources as Indonesia’s SDG’s Future). Bentuk kegiatan diadakan secara Etam Ship Competition 2022 dilaksanakan secara hybrid dengan rincian waktu kegiatan online, telah dimulai pendaftaran lomba, lomba untuk tingkat SMA/K sederajat dan tingkat Universitas S1 sederajat secara online pada 28 Maret 2022. Kegiatan offline, dilaksanakan perlombaan Kapal Cepat Tak Berawak bertempat di Institut Teknologi Kalimantan pada tanggal 13 dan 14 Mei 2022, dan Closing Ceremony pada tanggal 15 Mei 2022.

Cabang yang diperlombakan dibagi menjadi 2 tingkatan yakni untuk tingkat mahasiswa dan tingkat SMA/K sederajat. Adapun sasaran kegiatan Etam Ship Competition ini ialah seluruh Mahasiswa Teknik Perkapalan ITK dan Alumni, mahasiswa tingkat S1/sederajat skala nasional, siswa/i tingkat SMA/K sederajat skala nasional.

Kegiatan Etam Ship Competition 2022 terdiri dari beberapa agenda diantara adalah :

  • Ceremonial meliputi Opening dan Closing ceremony
  • Lomba Kapal Cepat Tak Berawak
  • Lomba Karya Tulis Ilmiah
  • Lomba Poster
  • Lomba Essay
  • Webinar Nasional dengan tema “Dampak Pembangunan Ibukota Negara di Kalimantan terhadap Pengelolaan Sumberdaya Sekitar”

Alasan dari diselenggarakan acara ini adalah karena sebagai generasi millenial yang akan ikut andil dalam proses pembangunan serta berbagai pembaharuan secara berkelanjutan ini, terutama dalam pemanfaatan sumber daya maritim di Indonesia, untuk itu Etam Ship Competition (ESC) diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pemuda Indonesia untuk turut berkontribusi dalam menyalurkan ide-ide, inovasi, ataupun solusi dalam setiap permasalahan dalam bidang maritim khususnya dalam kaitannya Nusantara sebagai IKN yang baru. Selain itu, melalui Etam Ship Competition (ESC), para generasi bangsa yang masih berwawasan sempit tentang potensi maritim diharapkan dapat mengubah pola pikir mereka dan meningkatkan apresiasi terhadap perkembangan teknologi dalam bidang maritim dapat terealisasi dengan optimal. Dengan begitu, para generasi bangsa dapat memberikan kontribusi nyata secara maksimal dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s) bidang kemaritiman tahun 2030.

Juara Tiap Lomba adalah sebagai berikut :

Lomba Kapal Cepat Tak Berawak

  1. Juara I       : MARC (Universitas Veteran Jakarta)
  2. Juara II      : MAHAKAM 2 (Institut Teknologi Kalimantan)
  3. Juara III    : NUSA BOAT (Institut Teknologi Kalimantan)
  4. Juara Best Design : ORCAELLA_B21 (Universitas Hasanudin)
  5. Juara Fun Race     : TARSIUS TIM (Universitas Bangka Belitung)

Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Mahasiswa (Finalis)

  1. ISM WEHARIMA (Universitas Brawijaya)
  2. ALUR (Universitas Bangka Belitung)
  3. TIM DART (Universitas Diponegoro)

Lomba Poster Tingkat Mahasiswa

  1. Juara I : Muhammad Alfarizzi Salvikran (Universitas Diponegoro)
  2. Juara II : Riko Manalu (Institut Teknologi Kalimantan)
  3. Ahmad Arhamurrohim (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)

Lomba Essay Tingkat SMA/K Sederajat

  1. Juara I : Sipa Silpana Putri (SMA 62 Jakarta)
  2. Juara II : Uswatun Hasanah (SMA 1 Salatiga)
  3. Juara III : syafiq Maulana (SMA Darul Ulum Unggulan BPPT Jombang)

“Menurut saya acara telah berjalan lancar namun masih ada detail detail kecil yang masih kurang matang yang harus dimatangkan nantinya. Evaluasi evaluasi pada kegiatan kali ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan pembelajaran untuk kegiatan Etam Ship Competition rahun berikutnya. Namun saya sangat mengapresiasi seluruh panitia atas kerja keras dan antusiasnya dalam melaksanakan Etam Ship Competition 2022 ini. Karena acara ini merupakan perlombaan berskala nasional pertama yang diselenggarakan secara offline dengan persiapan kurang lebih 3 bulan, acara ini terhitung sudah bagus dan matang” ungkap Roy Manda Purba (Ketua Panitia Etam Ship Competition (ESC))

Harapannya dari kegiatan ini kedepannya semoga Etam Ship Competition 2022 ini terus berjalan dan semua kategori lomba dapat terlaksanakan seluruhya di tahun berikutnya dengan peserta lomba yang semakin banyak. Semoga Etam Ship Competition ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi antar kampus di seluruh indonesia. “Acara ini dapat menjadikan motivasi untuk kedepannya untuk lebih berinovasi terutama di bidang perkapalan. Semoga acara ini dapat di jadikan ajang tahunan dan menjadi wadah silaturahmi antar universitas di Indonesia” Ujar perwakilan peserta.

Etam ship competition ini dapat menjadi ajang untuk kenal dengan teman baru dan pengalaman pengalaman baru, terkhusus juga ini masih pertama kali di ITK. Untuk kedepannya lebih di maksimal kan acara supaya lebih meriah dan untuk panitia kalian hebat! “Tidak ada anggota tim yang dipuji karena individualitasnya, melainkan karena kerja samanya” tutup Ralph Waldo.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •