PULUHAN BEASISWA INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN (ITK)

Balikpapan – Institut Teknologi Kaliamantan atau yang biasa disebut ITK berdiri pada tahun 2012 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan resmi memindahkan kegaitan akademik dan non-akademik ke Balikpapan pada tahun 2015. Per September 2020 ITK telah memiliki 17 Program Studi dan mempunyai 5 gedung untuk mewadahi seluruh kegiatan mahasiswa. Walau masih berusia 6 tahun (6 Oktober 2020), telah banyak prestasi yang dihasilkan oleh mahasiswa ITK dalam berbagai bidang yang ada. ITK sebagai instansi yang selalu berusaha meningkatkan sumber daya yang kompeten, berintelektual tinggi, berkepribadian baik dan memiliki keterampilan dengan pengembangan teknologi menyediakan berbagai beasiswa bagi mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Beasiswa yang ada diharapkan dapat menjadi penunjang agar dapat terus berkembang. Berikut adalah beasiswa yang ada di ITK per September 2020.

 

BEASISWA KERJA SAMA

  1. Kartu Indonseia Pintar (KIP) Kuliah

KIP Kuliah adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi “calon” mahasiswa baru berprestasi dan kurang mampu. Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan pembiayaan UKT sebesar Rp. 2.400.000,- dan uang biaya hidup sebesar Rp.700.000/bulan langsung dikirim ke rekening mahasiswa. Beasiswa ini dulunya bernama Bidikmisi. Seluruh calon mahasiswa yang menerima KIP Kuliah telah diseleksi oleh ITK dengan tahapan telah mendaftar pada pada sim KIP dan melakukan daftar ulang dan resmi menjadi mahasiswa ITK. Walau namanya telah berubah, 820 mahasiswa ITK masih mendapat Bidikmisi selama 4 tahun sesuai tahun masuk sesuai program Bidikmisi dan untuk KIP Kuliah akan diberi kepada 411 mahasiswa baru yang telah diseleksi dan resmi menjadi mahasiswa ITK sampai tahun 2024.

Periode Pendaftaran: Februari-Maret (Calon Mahasiswa )

 

  1. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Sama seperti KIP Kuliah, Beasiswa PPA juga diberikan oleh Kemendikbud. Beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa aktif yang telah menempuh minimal 1 tahun perkuliahan dengan IPK memuaskan. Seluruh mahasiswa yang memenuhi kirteria untuk mendaftar akan diseleksi oleh pihak Kampus ITK sesuai kuota yang tersedia. Beasiswa ini terbuka setiap tahunnya dan penerima beasiwa bisa berbeda setiap periodenya berdasarkan kuota yang diberikan untuk ITK . Penerima beasiswa ini akan memperoleh dana sebesar Rp. 400 ribu/bulan selama 1 tahun. Pengajuan Beasiswa PPA cukup mudah karena mahasiswa ITK bisa langsug mendaftar dan mengumpul seluruh berkas pendaftaran melalui Jurusan masing-masing.

Periode Pendaftaran: Mei-Juni

 

  1. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Beasiswa BI diberikan oleh Bank Indonesia untuk seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Penerima beasiswa ini akan diberikan bantuan berupa dana Rp. 1 juta/bulan selama 1 tahun, mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan mendapat kesempatan untuk mengembangkan karakter dalam sebuah komunitas disebut Genbi. Penerima Beasiswa BI juga berkesempatan untuk magang di Bank Indonesia. Berbeda dengan beasiswa lainnya, Beasiswa BI hanya terkhusus untuk beberapa Program Studi yaitu Matematika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Kota dan Informatika. Program Studi Penerima Beasiswa BI dapat berubah sesuai kebutuhan Bank Indonesia. Per September 2020, mahasiswa ITK penerima Beasiswa BI berjumlah 50 mahasiswa.

Periode Pendaftaran: Desember

 

  1. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan oleh Pertamina Foundation untuk seluruh mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik, mempunyai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan berusaha berkomitmen untuk berkontribusi terhadap hidup ramah lingkungan. Beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa aktif minimal semester 3 dan akan dibuka setiap tahunnya. Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan biaya pembayaran UKT yang akan langsung diberikan ke mahasiswa, bantuan biaya hidup, dan juga kesempatan untuk mengikuti kegiatan sosial dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundaton. Per September 2020, sebanyak 14 mahasiswa menerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi.

Periode Pendaftraran: April-Mei

 

  1. Beasiswa SKK Migas dan Pertamina Hulu Mahakam (PHM)

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah sekitar PHM pada 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Samboja, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Anggana, Kecamatan Muara Badak, dan Kecamatan Sanga-Sanga. Beasiswa ini diberikan untuk memberikan akses pendidikan tinggi berkualitas bagi masyarakat yang berada di sekitar SKK Migas dan PHM agar mendukung kompetensi dan pengingkatan keterampilan selama menjalankan perkuliahan. Penerima beasiswa ini akan diberikan bantuan UKT yang akan di transfer langsung kepada mahasiswa. Bagi mahasiswa yang berasal dari 5 kecamatan tersebut akan di seleksi dan dikonfirmasi ke ITK oleh pemberi beasiswa. Per September 2020, 1 mahasiswa menerima Beasiswa Pertamina Hulu Mahakam.

Peridoe Pendaftaran: Juli.

 

  1. Beasiswa Kaltim Tuntas

Beasiswa Kaltim Tuntas diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mahasiswa baru asal Kalimantan Timur (Kaltim). Program ini sebelumnya bernama Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) pada tahun 2012-2016. Seleksi beasiswa ini mempertingkan mahasiswa berasal dari pedalaman, terpencil, terluar, dan terisolir (3T) dan nilai seleksi perguruan tinggi. Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan UKT selama 4 tahun perkuliahan. Untuk calon mahasiswa ITK yang berasal dari Kalimantan Timur dapat mendaftar beasiswa ini dan melengkapi berkas yang ada. Per September 2020, sebanyak 99 mahasiswa ITK mendapat Beasiswa Kaltim Tuntas.

Periode Pendaftaran: Maret-April

 

  1. Beasiswa Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)

Beasiswa IZI diberikan oleh lembaga Inisiatif Zakat Indonesia untuk mahasiswa laki-laki muslim dan telah menempuh minimal semester 3. Bagi mahasiswa yang berkomitmen menjadi penghafal Al-Qur’an dan telah memiliki hafalan minimal 1 juz dapat mengikuti program ini. Penerima beasiswa ini mendapat bantuan pembaran UKT dan biaya hidup beserta Asrama yang di dalamnya adalah orang-orang yang berkomitmen menjadi penghala Al-Qur’an juga. Mahasiswa ITK yang berminat bisa langsung mendaftar dan mengumpul seluruh berkas pendaftaran di Loket Akademik ITK.

Periode Pendaftaran: Desember

 

  1. Beasiswa ITK Prestasi (BIP)

BIP adalah adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada calon mahasiswa tahun 2018 dengan memberikan bantuanbiaya kuliah selama 4 tahun penuh. Beasiswa ini salah satu langkah untuk mempercepat langkah agat ITK menjadi kampus terbaik dengan memeberikan bantuan kepada mahasiswa sehingga memudahkan kegiatan perkuliahan mahasiswa. Seluruh mahasiswa yang mendapat beasiswa ini adalah alumni siswa berperingkat 50 besar di sekolah masing-masing dan berasal dari Kalimantan Timur. Sebanyak 40 mahasiswa angkatan 2018 mendapat Beasiswa ITK Prestasi.

 

  1. Bantuan UKT/SPP (Terdampak Covid-19)

Beasiswa Bantuan UKT/SPP adalah beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbud khusus bagi mahasiswa yang terdampak Pandemi Covid-19. Pimpinan perguruan tinggi dapat memberikan keringanan UKT dan/atau memberlakukan UKT baru terhadap mahasiswa terdampak pandemi. Untuk mahasiswa ITK, penerima beasiswa ini mendapat bantuan pembayaran Rp. 2,4 juta at cost dan apabila UKT lebih dari angka tersebut maka tidak diperlukan membayar sisanya. Per September 2020,  sebanyak 278 mahasiswa ITK menerima Bantuan UKT/SPP. Selain itu, pembebasan UKT diberlakukan untuk mahasiswa tahun akhir yang tidak mengambil sks sama sekali selain Tugas Akhir.

 

Total mahasiswa yang mendapat Beasiswa Kerja Sama ITK adalah 1713 dari 3627 (per September 2020) mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa 47% mahasiswa terdaftar mendapat beasiswa yang ada di ITK. Selain itu, terdapat Beasiswa Non-Kerja Sama yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa ITK. Bedanya dari kedua jenis beasiswa ini adalah nama penerima beasiswa tidak terdata di ITK dan pembayran UKT akan dilakukan sendiri dikarenakan beasiswa langsung diberikan kepada mahasiswa.

 

BEASISWA NON KERJA SAMA

  • Beasiswa Pemerintah Provinsi

Pemerintah Provinsi biasa nya memiliki berbagai macam program beasiswa untuk mahasiswa yang berdomisili di provinsi tersebut. Salah satu contohnya adalah Kaltara Cerdas, yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara untuk seluruh mahasiswa berdomisili Kalimantan Utara (Kaltara). Beasiswa ini dapat diikuti oleh mahasiswa Kaltara dengan 2 katagori yaitu Mahaiswa Luar Provinsi Kaltara dan Mahasiswa Penyelesaian Tugas Akhir. Penerima beasiswa ini akan mendapat bantuan dana sebesar Rp. 2 juta-an untuk digunakan dalam 1 tahun.

Periode Pendaftaran Beasiswa Pemrpov: Juli-Agustus (umumnya di seluruh provinsi)

 

  • Beasiswa Pemerintah Kota (Pemkot) atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab)

Selain Pemerintah Provinsi, ada juga beasiswa yang diberikan oleh Pemkot atau Pemkab kepada mahasiswa yang berdomisili dari kota atau kabupaten tersebut dan belum mendapat beasiswa apapun. Biasanya terdapat 2 kategori utama yaitu mahasiswa prestasi dan mahasiswa tidak mampu. Beberapa contoh beasiswa ini adalah Beasiswa Berau Gemilang, Beasiswa Panajam Paser Utara, dan Beasiswa Stimulan Balikpapan

Periode Pendaftaran: Tentatif

 

  • Beasiswa Perusahaan

Pada beberapa kota, ada perusahaan yang memberi beasiswa untuk mahasiswa berdomisili di kota perusahaan tersebut beroperasi. Penerima beasiswa dari lembaga biasanya akan mendapat bantuan UKT maksimal 8 semester dan juga biaya hidup. Beberapa contoh beasiswa ini adalah Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli (dari Bontang), Beasiswa Berau Coal (dari Berau). Terdapat pula perusahaan yang membuka program beasiswa untuk seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Akan tetapi, bantuan yang diberikan hanya 1 tahun dan harus mendaftar kembali di tahun berikutnya agar mendapat beasiswa. Beberapa contohnya adalah Beasiswa Data Print, Beasiswa XL Leader Future, Beasiswa BCA Finance.

Peridoe Pendaftaran: Tentatif

 

Gimana? Banyak sekali kan program beasiswa yang dapat diikuti sebagai mahasiswa ITK. Cari informasi lebih lagi dan catat periodenya agar kamu mendapat beasiswa yang diinginkan

 

Sumber: Ike Wayan Norma Yunita, S.Pd. M.Si (Tenaga Pendidik ITK)

 

Tim Humas | MAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *