Modernisasi Sistem Informasi Akademik ITK

Belajar dari BMKG
25/11/2016
Kuliah Tamu Matematika Statistika
27/11/2016
Tunjukkan semua

Modernisasi Sistem Informasi Akademik ITK

ITK News Office | Modernisasi Sistem

Balikpapan – Segera setelah listrik PLN mengalir, ITK tancap gas melakukan pembenahan di berbagai lini. Salah satunya pada Sistem Informasi Akademik Institut Teknologi Kalimantan (Sikantan) yang merupakan pusat layanan utama akademik berbasis online. Sejak Jumat, 25 November 2016, tim yang menangani modernisasi Sikantan melakukan Rapat Kerja (Raker) Finalisasi Pengembangan Sistem Informasi Akademik ITK.

Koordinator acara, Vinda Daningrum mengatakan selama tiga hari tim melakukan banyak hal: dari mengindentifikasi masalah, mendata user requirement, menganalisa solusi, mempertemukan klien/user dan developer, hingga marathon coach yang melibatkan mahasiswa Sistem Informasi, dan sign out atau penutupan.

“Harapannya pada Tahun Ajaran 2017/2018 nanti sistem sudah online sepenuhnya, dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan kelancaran proses akademik,” kata Vinda yang merupakan Dosen Sistem Informasi ITK lulusan Nasional Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taiwan ini.

Sinkronisasi data juga dilakukan, Vinda melanjutkan, sehingga data akademik ITK terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti.

Rektor ITK, Sulistijono dalam pembukaan raker menekankan pengembangan Sikantan dilakukan secara berkelanjutan. Menurutnya, meski ITK adalah PTN baru, sistem informasi institusi (SIA) minimal harus setara dengan perguruan tinggi yang sudah mapan.

“SIA harus sepenuhnya online dan terintegrasi baik itu kepegawaian, keuangan, dan akademik. Nantinya mahasiswa bisa mengetahui dan meminta transkrip, kartu hasil studi, ranking indeks prestasi, hingga surat keterangan aktif kuliah secara online,” ujar Sulis.

Menurut profesor lulusan Universite de Technologie de Compiegne, Perancis ini, segala diupaya terus dilakukan guna meningkatkan kualitas ITK. “Kami ingin menjadi yang terbaik di Indonesia.”

Ridho Jun Prasetyo | Humas ITK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *