Rektor ITK Lantik Wakil Rektor dan Kepala Bagian

ITK News I Siaran Pers

Rektor Institut Teknologi Kalimantan Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D melantik Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik ITK Periode 2019-2023, Dr. Muhammad Mashuri, M.T. sebagai Wakil Rektor Bidang Non-Akademik ITK Periode 2019-2023, dan Drs. Imam Safi’i sebagai Kepala Bagian Akademik dan Perencanaan ITK Periode Januari – Desember 2019 di Kampus ITK pada Rabu, 23 Januari 2019.

 

Pelantikan disertai pembacaan sumpah jabatan disaksikan rohaniwan Departemen Agama Balikpapan, H. Masrivani, S.Ag, segenap stakeholder perwakilan pemerintah daerah, orang tua mahasiswa, kalangan industri perusahaan, dan seluruh civitas akademika ITK.

 

Dalam sambutannya, Prof. Budi mengajak segenap civitas akademika ITK untuk terus berusaha meningkatkan kapasitas diri agar bisa bersaing dalam dunia yang makin kompetitif. “Saya bersama segenap pimpinan dan manajemen akan berusaha membangun ITK menjadi kampus yang berkualitas baik dari sisi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk itu penerapan Good University Government (GUG) akan menjadi pijakan dalam bergerak. GUG meliputi aspek kredibel, transparansi, akuntabilitas, adil dan bertanggungjawab dalam pengelolaan universitas,” kata Prof. Budi. Beliau pun melanjutkan,

 

“Aspek-aspek ini kalau dilaksanakan dengan baik maka saya yakin akan menjadi dasar yang baik untuk pengembangan ITK. Tentu harus ditunjang dengan program-program yang kreatif dan tepat guna bagi ITK.”

 

“Dengan aspek-aspek di atas maka keterbukaan dalam hal apa pun yang pantas diketahui civitas akademika atau pun publik akan dibuka. Tentu saja ada hal-hal yang sifatnya rahasia. Kredibel mensyaratkan bahwa orang-orang yang menduduki jabatan di ITK sebaiknya orang-orang yang punya kualifikasi dan kompetensi yang sesuai. Akuntabel berarti semua yang dikerjakan memang membawa manfaat sesuai dengan biaya yang ditimbulkan. Adil berarti setiap civitas akademika yang punya hak dan memenuhi syarat akan diberikan kesempatan yang sama. Tanggungjawab artinya orang yang mempunyai jabatan harus bertanggungajwab akan apa yang dikerjakan.”

 

“Kami mohon dukungan semua stakeholder untuk ikut membangun ITK demi kemajuan pendidikan di Kalimantan Timur khususnya dan juga Indonesia umumnya. Kami perlu kerjasama untuk membangun fisik, tempat kerja praktek mahasiswa, tempat magang dan tempat untuk mencari kasus untuk tugas akhir mahasiswa. Demikian, mohon doa restu seluruh masyarakat untuk memajukan ITK,” ujar Profesor di bidang Data Mining ini.

 

Sebelumnya pada 20 Desember 2018 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D, melantik Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D sebagai Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) untuk periode 2018 sampai 2022, menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA. Dihadapan pimpinan perguruan tinggi lainnya yang turut dilantik, Prof. Nasir menuntut pimpinan perguruan tinggi untuk kreatif dan inovatif dalam mengelola institusi yang dipimpinnya karena dunia tengah menghadapi era Revolusi Industri 4.0.

 

“Program studi, kurikulum, kompetensi dosen, kompetensi lulusan, sistem pembelajaran, riset dan kebijakan lainnya harus diselaraskan dengan tantangan global, tuntutan kebutuhan masyarakat dan dunia industri. pengelolaan perguruan tinggi yang baik dapat dilakukan dengan menjalankan good university and governance. Transparansi, awareness, accountability, dan responsibility adalah empat instrumen utama untuk menjalankan misi tersebut,” kata Prof. Nasir pada Kamis, 20 Desember 2018 di Auditorium Gedung D, Kantor Kemenristekdikti, Jakarta.

 

Setelah Pelantikan, acara dilanjutkan dengan Pisah-Sambut Pejabat Lama dengan Pejabat Baru ITK. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor ITK Periode 2014-2018, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA, beserta Wakil Rektor Akademik ITK Periode 2014-2018 Subchan, Ph.D, dan Wakil Rektor Bidang Non Akademik ITK Periode 2014-2018, Dr. Mohammad Muntaha.

 

Prof. Sulistijono mengucapkan terima kasih atas bantuan segenap pihak selama masa bertugas, dan berpesan kepada Rektor ITK yang baru untuk meneruskan membangun ITK sesuai dengan semangat pendiriannya: memajukan SDm di Indonesia bagian timur.

 

Akreditasi ITK

 

Pelantikan rektor baru ITK melengkapi kabar gembira sebelumnya, yakni tertanggal 12 Desember 2018, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menerbitkan Sertikat Akreditasi Institusi kepada ITK. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 385/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 menyatakan bahwa Institut Teknologi Kalimantan Terakreditasi B. Sertifikat ini berlaku hingga 12 Desember 2023.

 

Seperti diketahui, ITK adalah perguruan tinggi negeri baru (PTNB) yang resmi didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 6 Oktober 2014 melalui Peraturan Presiden RI No. 125 Tahun 2014 tentang Pendirian ITK sebagai PTNB bidang teknologi, dan berkedudukan di Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

Menginjak usianya yang keempat, terdapat sejumlah perkembangan, yakni jumlah mahasiswa ITK saat ini sebanyak 3000 mahasiswa, 199 lulusan (lima kali wisuda), 164 dosen/pengajar, 50 tenaga kependidikan, 41 mitra kerjasama dalam dan luar negeri, dan 14 program studi ITK, yakni Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Industri, Matematika, Fisika, Sistem Informasi, Informatika, Perencanaan Wilayah dan Kota, dan Teknik Kimia. Saat ini di lingkungan Kampus ITK sedang dibangun asrama mahasiswa ITK, dan beberapa gedung kuliah baru.

 

 

Tentunya kemajuan ITK saat ini merupakan hasil tangan dingin Rektor ITK Periode 2014-2018, Prof. Ir. Sulistijono, DEA, dan upaya bersama jajaran manajemen civitas akademika ITK. Demikian pula dukungan dari para stakeholders seperti orang tua mahasiswa, Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota Balikpapan, pemerintah daerah, dan kalangan swasta industri

Dokumentasi:

https://drive.google.com/drive/folders/1J3_DOYj57rq0TMWuB1lQIL6Nilp06uf-?usp=sharing

-end-

 

Ridho Jun Prasetyo

Staf Hubungan Masyarakat ITK

Telp: 0542-8530801/Fax: 0542-8530800

Email: ridhojun@itk.ac.id  atau humas@itk.ac.id

Web      : https://itk.ac.id

IG          : @itk_official

Fb          : Institut Teknologi Kalimantan

Youtube : Institut Teknologi Kalimantan

Line       : @itknews

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *