Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan meraih predikat sebagai Badan Publik “Menuju Informatif” tahun 2021 dengan capaian nilai yaitu 89,95 dan menjadi yang terbaik urutan pertama pada kategori Perguruan Tinggi Negeri pada predikat menuju informatif. Predikat tersebut diberikan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021. Pengumuman penghargaan tersebut tersebut disampaikan pada selasa (26/10/2021) secara daring dan diberikan oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin.

Pencapaian tersebut merupakan buah kerja keras dari berbagai pihak khususnya rumpun kehumasan yang sigap dalam penyampaian informasi dan bentuk transparasi bila ada keluhan. Kemudian Indikator penilaian menyangkut hak publik terkait keterbukaan informasi, untuk unsur layanan terhadap informasi cepat dan segera direspon. Tentunya penganugrahan ini juga mendukung badan publik untuk terbuka terkait informasi serta mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pada penganugrahan tersebut ITK diwakili oleh Dr. Muhammad Mashuri, M.T. sebagai Wakil Rektor Bidang Non-Akademik ITK . Sempat disampaikan bahwa tata kelola website ITK saat ini sudah cukup baik untuk di Kalimantan, kedepan harus ditingkatkan agar lebih maksimal. “Tiga perbaikan perbaikan utama yaitu ULT, penyempurnaan sistem informasi yang termasuk dalam hal ini website, dan peningkatan layanan, sehingga indeks kepuasan masyarakat semakin meningkat. Tentunya menjadikan IKIP ITK menjadi tinggi” ujar Dr. Muhammad Mashuri, M.T.. Kedepannya ITK mengharapkan cepat terselesaikannya ULT (Unit Layanan Terpadu), dimana targetnya januari 2022 telah rampung. Persiapan demi persiapan terus dilakukan untuk mendukung keterbukaan informasi ITK. Tujuan dari ULT tersebut adalah agar sebagai pintu utama aduan dan dalam mengatasi keterbukaan informasi yang ada.  

“Saat ini sendiri telah memasuki era digital, yang mana perlu ditingkatkan dan dikembangkan proses tersebut agar kemudahan akses dan meningkatkan indikator layanan serta kepuasaan seluruh civitas akademik ITK dan masyarakat. Terus meningkatkan layanan unit agar dari waktu kewaktu layanan unit baik” tutup pak Mashuri.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •