Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan kembali melaksanakan Program Mahasiswa Membangun Desa (PMMD) atau Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah satu pelaksanaan program KKN ITK tahun ini dilakukan di RT. 038 Kelurahan Manggar, Kota Balikpapan. Kegiatan KKN tersebut dilakukan oleh tim KKN Kelompok 1C ITK. Program KKN ini dilaksanakan selama 4 bulan, mulai Maret sampai dengan Juni 2022. Dalam KKN di RT 38 Kelurahan Manggar ini dilaksanakan serangkaian kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan budidaya hidroponik, membangun rumah hidroponik, pelatihan foto produk, dan pelatihan digital marketing. Semua pelatihan dilaksanakan tidak hanya paparan materi tetapi juga diskusi, dan praktik.

Pada RT 38 Kelurahan Manggar tersebut terdapat 93 Kartu Keluarga dan 115 rumah dengan total penduduk 411 jiwa yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani dan pelaku UMKM. Petani setempat masih menggunakan metode tanam konvensional pada lahan yang telah tersedia. Pada saat curah hujan tinggi berpotensi mengalami gagal panen, karena daerah tersebut rawan banjir. Selain itu, pelaku UMKM di RT. 038 juga sering terkendala dalam pemasaran produk hasil usahanya. Oleh karena itu, berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan bahwa warga RT 38 mengalami masalah-masalah tersebut, maka kelompok KKN ITK 1C yang beranggotakan Tsani, Tarissa  (Prodi Matematika), Aldi, Fikri Al Ichsan, Jamal, Riggina (Prodi Informatika), Haira dan Arifin (Prodi Sistem Informasi) melaksanaakan KKN dengan topik Pemanfaatan Budidaya Tanaman Hidroponik dan Digital Marketing di RT Kelurahan Manggar Kota Balikpapan dengan dosen pembimbing yaitu Ibu Winarni, S,Si., M.Si.

Gambar Dokumentasi Proses Pembuatan Rumah Hidroponik

Melalui metode tanam metode tanam hidroponik kegagalan panen akibat banjir yang sering dihadapi petani RT 38 Kelurahan Manggar dapat diminimalisir. Metode tanam hidroponik, memiliki keunggulan diantaranya tidak membutuhkan lahan yang luas, kebutuhan air yang tidak terlalu banyak, relatif mudah diterapkan serta hasil panen yang berkualitas tinggi. Kelompok Tani 38 Kelurahan Manggar diberikan pelatihan dan pendampingan budidaya hidroponik sampai paham sekaligus mempraktikkannya.

Tim KKN 1C juga membangun satu rumah hidroponik bersama petani di sana. Rumah hidroponik tersebut selanjutnya dihibahkan dan digunakan kelompok tani RT 38 untuk budidaya sayuran hidroponik seperti selada, bayam Brazil dan kangkung. Setelah itu, pada kegiatan berikutnya tim KKN bersama mitra melakukan penyemaian bibit sayuran hidroponik berupa selada dan bayam Brazil. Selanjutnya ketika hasil semaiaan sudah siap, maka hasil semaian tersebut ditanam/dipindahkan ke netpot di rumah hidroponik yang sudah disiapkan pada kegiatan pembuatan rumah hidroponik sebelumnya. Ketika sudah siap panen sekitar 3-4 pekan, maka dilakukan pemanenan selada dan bayam Brazil tersebut.

Selain itu, tim KKN ini juga memberikan pelatihan  dan pendampingan pemanfaatan digital marketing untuk membantu pemasaran yang baik bagi petani RT 38 untuk memasarkan hasil taninya dan pelaku UMKM RT 38 dalam memasarkan produk dagangannya. Dalam pelatihan tersebut, mitra KKN diajari memanfaatkan platform digital untuk berjualan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial berupa Instagram.  Di samping itu, mitra KKN juga diberi pelatihan foto produk, agar foto produk yang ditawarkan menjadi lebih menarik hanya berbekal handphone.

Antusiasme petani dan ibu-ibu RT 38 Kelurahan Manggar peserta pelatihan dalam pelaksanaan program KKN ini cukup besar. “Kami senang sekali dengan program KKN dari ITK ini, sangat membantu kami”, ujar  Ibu Dorkas salah satu petani di RT 38 Kelurahan Manggar.Meskipun ada beberapa kendala selama pelaksanaan KKN ini, tetapi dengan sigap tim dan mitra KKN bekerjasama mengatasinya dengan baik. Dan kegiatan KKN ini diakhiri dengan kegiatan pemanenan tanaman hidroponik yang sudah ditanam. Dengan diselenggarakannya program KKN di RT 38 Kelurahan Manggar ini, secara keseluruhan warga RT 38 diwakili Bu Saniah selaku Ketua RT 38 mengucapkan banyak terima kasih. “Terima kasih banyak ya Bu dosen dan adik-adik mahasiswa.. Tahun depan adik-adik mahasiswa ITK lainnya KKN lagi di sini ya..”, kata Bu Saniah Ketua RT 38 Kelurahan Manggar.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •