Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kalimantan Timur. ITK sendiri pada tahun 2022 ini menerima mahasiswa berasal dari tiga jalur pendaftaran.

Tiga jalur pendaftaran adalah SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan SUMMIT ITK. Pada jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN tentunya memiliki perbedaan proses seleksi yang dilakukan pun berbeda-beda untuk setiap jalurnya tersebut. Jalur SNMPTN atau biasa disebut jalur undangan yang mana akan mengukur kemampuan akademis bagi calon mahasiswa melalui nilai rapor di 5 semester dan dari laporan kegiatan non akademis. Selanjutnya  jalur UTBK SBMPTN, pada jalur ini proses seleksi yang dilakukan melalui ujian tertulis.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) mengumumkan pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan terdiri 3 materi tes yakni Tes Potensi Skolastik, Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris.

Dalam hal ini tips dalam mengikuti UTBK-SBMPTN adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan Jurusan dan Minat Kuliah sesuai dengan bidang ataupun kemampuan
  2. Belajar Dengan Giat dan Sungguh-sungguh
  3. Belajar dari berbagai sumber baik dari internet, buku, dan bank soal
  4. Latihan soal sebanyak-banyaknya dengan Ikut Try Out Uji Coba
  5. Berdoa kepada Tuhan dan meminta Restu Orang Tua

Institut Teknologi Kalimantan pada tahun 2022 ini menerima total mahasiswa 1592 untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN.  Jalur SNMPTN minimal 20 persen, UTBK-SBMPTN minimal 40 persen, dan jalur mandiri maksimal 30 persen. Dalam hal ini rincian mahasiswa yaitu adalah 650 mahasiswa pada jalur SNMPTN dan 942 mahasiswa jalur SBMPTN. Pada SNMPTN sendiri program studi yang memiliki daya tampung paling banyak adalah program studi Teknik Industri yaitu sebanyak 55 calon mahasiswa, dilanjutkan program studi Teknik Perkapalan yaitu 50 mahasiswa. Kemudian untuk seleksi SBMPTN adalah program studi Teknis Mesin sebanyak 85 mahasiswa, dilanjutkan program studi Teknik Sipil 75 mahasiswa. Dalam hal ini perlunya persiapan untuk menentukan program studi yang akan dipilih oleh mahasiswa. Jangan lupa untuk tetap semangat dan terus pantau website LTMPT untuk mendapatkan informasi terupdate.

#KampusPejuang #AyoMasukITK

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •