Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan melalui mahasiswa dan dosen ikut aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mengoptimalkan teknologi informasi dan branding kepada masyarakat pasar Inpres Balikpapan, hal ini sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19.

Pasar Inpres Kebun Sayur Kota Balikpapan merupakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan sekaligus mendistribusikan produk-produk kerajinan khas Kalimantan Timur kepada konsumen dan merupakan salah satu sarana dalam melindungi serta menjaga kelestarian kekayaan budaya setempat. Dalam program KKN tim menerapkan program optimalisasi branding dan pemasaran produk UMKM di Pasar Inpres Kebun Sayur Kota Balikpapan melalui metode pengambangan pengemasan, foto produk, pemasaran berbasis digital, sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki pelaku usaha Pasar Inpres.

Dalam sosialisasi yang diadakan dengan mendatangkan pemateri dari Dinas Perdagangan, yaitu Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan (Bapak Arzaedi Rachman S.Sos., MM), Dosen Pembimbing KKN sebagai pemateri dan pelepasan anggota tim KKN kelompok 10L kepada Mitra Pasar Inpres (Bapak H.Muhammad), Perwakilan Mitra Pasar Inpres, dan para pelaku usaha pasar inpres balikpapan. Dengan bentuk kegiatan program adalah meliputi pembukaan acara dan pembacaan hasil kegiatan KKN Kelompok 10L ITK oleh Ketua Tim KKN Kelompok 10L ITK (Muhammmad Zen Nabil Athallah). Kemudian sambutan dan pelepasan anggota tim KKN Kelompok 10L ITK oleh Ibu Supratiwi Amir S.Ds., M.Sn. Selanjutnya penyampaian materi tentang Teknologi Informasi dan Ecommerce oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan (Bapak Arzaedi Rachman S.Sos., MM), dilanjutkan penyampaian materi tentang branding produk oleh Bapak Eko Agung Syaputra S.Ds., M.Sn.

Zen dkk menyampaikan “Harapan dari pelaksanakan KKN ini adalah dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan program kegiatan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi dan branding kepada pelaku usaha pasar inpres Balikpapan, dengan demikian mahasiswa mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan penerapan branding pada pelaksanaan KKN”.

“Mendapatkan pengalaman,pelajaran,serta ilmu baru yang disarankan oleh pelaku usaha” ungkap Zen. Pada Sosialisasi tersebut dapat membantu tentunya dalam mengenal bagaimana branding produk dengan baik dan benar yang dapat diterapkan pada toko mereka. Serta kegiatan yang dilakukan kepada pelaku usaha, mereka sangat mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi yang dibawakan oleh tim KKN mahasiswa ITK.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •