Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan tentunya memiliki beragam kegiatan didalamnya, tanpa terkecuali dengan hadirnya Society of Renewable Energy (SRE) ITK. SRE ITK ini sendiri merupakan sebuah organisasi yang mewadahi ketertarikan mahasiswa ITK dalam bidang Energi Baru Terbarukan (EBT).

Awal mula berdirinya SRE ITK sendiri bermula dari event pertama nasional yaitu National Youth Summit Renewable Energy (NYSRE) yang juga berhasil memecahkan rekor muri sebagai webinar terbesar. Sejak itu kemudian Iqbal yang salah satu pendiri SRE ITK memiliki ketertarikan dengan Energi Terbarukan. Kemudian sejak semester 5 terdapat mata kuliah terkait Energi Baru Terbarukan (EBT) yang kebetulan juga dosen pengampuhnya yaitu Bu Happy Aprillia, S.ST, M.T, M.Eng. Selanjutnya saat semester 6 kebetulan dari SRE Nasional mencari universitas yang berada didaerah Kalimantan untuk mendirikan SRE di kampus tersebut. Pada tanggal 24 Januari 2021 bersama 29 teman lainnya dari 12 prodi yg berbeda memiliki niat yang kuat untuk mendirikan SRE ITK dan dilegalkannya SRE ITK dibulan Februari hingga sekarang sudah merambah 712 mahasiswa ITK dari 17 prodi di ITK.

Gambar Visi dan Misi SRE ITK

Walau terbilang muda dalam perkembangannya sendiri SRE memiliki beragam kegiatan dan program yang diselenggarakannya dan selain itu memiliki beragam prestasi dan penghargaan yang didapatkan berikut adalah gambaran program dan prestasi SRE ITK:

Gambar Program dan Kegiatan SRE ITK
Gambar Prestasi dan Penghargaan SRE ITK

Selain kegiatan-kegiatan diatas berikut ini beberapa kegiatan yang di selenggarakan oleh SRE ITK:

  1. De-Energized (Kegiatan ini akan melakukan suatu riset dan pengimplementasian teknologi baru terbarukan dalam menjadikan Institut Teknologi Kalimantan sebagai Eco Campus)
  2. Kenal EBT (Penyampaian materi terkait Energi Baru Terbarukan dalam bentuk sharing session yang dibagi menjadi 7 kelas dengan bidang Energi Baru Terbarukan yang berbeda)
  3. Seminar Ahli
  4. ITK NEON (New and Renewable Energy Online Competition)
  5. SERASI (Society and Renewable Energy Industrial Visits)
  6. SETOR (Society and Renewable Energy Greet The Majors)
  7. JOURNEY (Joint Renewable Energy Study)
  8. Seputar SRE
  9. SREPOD (SRE Podcast)
  10. Pengadaan Dana Kegiatan

Harapan kedepannya SRE ITK semakin memiliki banyak kegiatan positif dan menjadi bagian dari proses pembangunan terkait bidang energi baru dan terbarukan di Indonesia.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •