Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan pada Rabu 8 Februari 2023 bertempat di Auditorium Lab Terpadu ITK. Diadakan Sosialisasi Kebanksentralan dan Program Beasiswa Bank Indonesia kepada calon penerima beasiswa dari Institut Teknologi Kalimantan. Penyampaian Sosialisasi tersebut langsung dari pihak Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan.

Acara diawali dengan Pembukaan MC, Pembacaan Doa, Sambutan Institut Teknologi Kalimantan, Sambutan Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, dilanjutkan Penyampaian materi oleh Bank Indonesia yaitu Kebanksentralan, CBP, terkait Beasiswa Bank Indonesia, kemudian Tanya Jawab dan Kuis.

Gambar Sambutan Oleh Prof Erma

Latar belakang dari beasiswa ini adalah Kualitas generasi muda dapat menjadi faktor penentu bagi peradaban, kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan suatu bangsa. Sumber daya manusia (SDM) yang terdidik, berilmu pengetahuan dan berkualitas akan menjadi aset strategis dalam pembangunan bangsa dan negara dimasa depan. Pendidikan nasional merupakan bagian penting dari pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peradaban yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berilmu, sehat, berprestasi, berperilaku mulia dan menjadi warga negara yang akan menentukan kekuatan serta daya saing bangsa dan bertanggung jawab akan keberlangsungan masa depan bangsa.

Pendidikan adalah investasi utama untuk menyiapkan Indonesia masa depan. Pelayanan, akses dan kualitas pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya sesuai harapan. Dunia pendidikan masih menghadapi tantangan yang cukup mendasar, yaitu masalah perluasan, pemerataan, mutu, dukungan pendanaan, relevansi kurikulum, daya saing pendidikan, penguatan tata kelola dan akuntabilitas.

Mahasiswa S1 dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mendapat bantuan program Beasiswa BI karena PTN memiliki sistem seleksi penerimaan mahasiswa dan akreditasi institusi yang diselenggarakan oleh pemerintah sehingga seluruh proses kegiatan pendidikan di PTN dijamin sepenuhnya oleh negara.

Program Beasiswa BI tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup, para mahasiswa penerima Beasiswa BI juga difasilitasi untuk tergabung dalam komunitas penerima Beasiswa BI. Dalam komunitas tersebut, para penerima Beasiswa BI mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan agar mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Skip to content