SOSIALISASI PENGELOLAAN TIMBULAN SAMPAH B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN) KEPADA IBU-IBU RUMAH TANGGA RT 54 KELURAHAN KARANG JOANG, BALIKPAPAN UTARA

YAYANG ANANDA PUTRA MENJADI PERWAKILAN KALTIM DALAM AJANG JPI NASIONAL
05/11/2019
“Menjaga Momentum Pertumbuhan Melalui Kebijakan Pembiayaan APBN”
10/11/2019
Tunjukkan semua

SOSIALISASI PENGELOLAAN TIMBULAN SAMPAH B3 (BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN) KEPADA IBU-IBU RUMAH TANGGA RT 54 KELURAHAN KARANG JOANG, BALIKPAPAN UTARA

Sampah dan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) merupakan sampah yang dapat membahayakan lingkungan dan mahluk hidup. Dalam aktifitas rumah tangga di setiap area perkotaan, masyarakat umumnya membuang sampah kategori B3 seperti batu baterai, neon, kemasan cat, kosmetik atau pelumas kendaraan secara tercampur dengan sampah jenis lainnya. Banyak masyarakat yang belum menyadari dan mengetahui bahwa limbah yang mereka hasilkan termasuk dalam kategori limbah B3, sehingga mereka tidak melakukan pemilahan terlebih dahulu pada sampah yang mereka buang. Bahaya yang ditimbulkan adalah masuknya bahan-bahan yang dikategorikan berbahaya dan beracun tersebut ke dalam aliran air bawah tanah, sehingga dapat mencemari tanah, air dan udara, serta meningkatkan resiko gangguan kesehatan.

Melihat pentingnya pengetahuan akan pengelolaan sampah, beberapa dosen Institut Teknologi Kalimantan melakukan sosialisasi tentang “Pengelolaan Timbulan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Rumah tangga” di RT 54, Kelurahan Karang Joang, sebagai daerah dengan permukiman yang berkembang pesat. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah memberikan pandangan dan informasi, serta peningkatan pemahaman bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengelola sampah rumah tangga yang dihasilkan, dan untuk secara bersamaan dapat mengurangi resiko pencemaran lingkungan.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 21 September 2019 tersebut dihadiri oleh 26 ibu rumah tangga di RT 54, dan juga diselenggarakan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kolaborasi antara program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan Teknik Lingkungan. Sebelum tahap pemaparan, para peserta menerima kuesioner mengenai jenis sampah yang mereka hasilkan setiap hari dan juga tingkat pengetahuan mereka terhadap limbah B3. Setelah itu, peningkatan pemahaman mengenai jenis-jenis limbah dilakukan melalui metode presentasi dan identifikasi bersama tipe sampah berdasarkan aktivitas penghuni rumah.

Karakteristik limbah B3 antara lain adalah mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun dan bersifat korosif. Pengelolaan limbah dapat dilakukan melalui teknik yang tepat dalam penggunaan, penyimpanan, pemilahan dan pembuangan. Capaian pemahaman peserta kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan melalui elaborasi setiap tahap pengelolaan dengan resiko yang dapat dihasilkan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan teknis kepada para ibu rumah tangga.

Harapannya, setelah kegiatan sosialisasi, masyarakat khususnya di RT 54 Kelurahan Karang Joang dapat menerapkan beberapa cara untuk mengurangi resiko gangguan kesehatan dan lingkungan disekitar tempat tinggal mereka. Beberapa solusi yang dipaparkan adalah pemilihan dan penggunaan produk secara bijak, penyimpanan yang baik, pemilahan limbah sebelum dibuang, dan pembuangan pada tempat yang tepat. Selain itu, peserta pengabdian masyarakat juga mengharapkan kegiatan lanjutan dalam bentuk praktik pembuatan produk rumah tangga bebas B3.

 

Tim Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *