Sosialisasi SBMPTN 2017 di TVRI


ITK News | SBMPTN

Samarinda – Rektor Institut Teknologi Kalimantan, Prof. Dr. Ir. Sulistijono, DEA, melakukan sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Ahad, 30 April 2017 di Stasiun TVRI Samarinda Kalimantan Timur. Bersama Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017, Prof. Ravik Karsidi, dan Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Masjaya, keempat orang tersebut menjadi narasumber dalam acara dialog “Publika” yang disiarkan secara langsung selama sejam dari 19.00 sampai 20.00 WITA.

 

“Sebagai perguruan tinggi negeri baru, menawarkan pendidikan teknik kepada putra-putri terbaik daerah, baik dari Kaltim maupun wilayah Indonesia Timur lainnya,” kata Sulistijono saat menjawab pertanyaan dari pemandu TVRI, I Made Kertayasa. “85 persen mahasiswa kami berasal dari Kalimantan Timur.”

 

Profesor di bidang Teknik Material dan Metalurgi ini mengatakan, tahun ini ITK akan menerima 1000 mahasiswa baru dengan komposisi: 39 persen dari Jalur SNMPTN, 40 persen dari Jalur SBMPTN, dan selebihnya jalur Mandiri.

“Kami juga membuka dua program studi baru yang dibuka pada Jalur Mandiri, yakni Teknik Informatika dan Teknik Industri,” kata Sulistijono.

 

Ketua SBMPTN 2017 yang juga Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret, Prof. Ravik Karsidi mengatakan kesempatan SBMPTN ini harus dimanfaatkan oleh pelajar SMA/SMK/MA khususnya di seluruh Kaltim, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

“Tahun ini total ada 85 PTN yang ikut. Bagi siswa yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN, mohon tidak mengikuti SBMPTN, karena nanti sekolahnya akan diberi tanda hitam (blacklist),” kata Rektor UNS ini.

 

Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Masjaya, mengatakan tahun ini Unmul akan menggunakan dua sistem ujian: yakni SBMPTN berdasar komputer ( Computer Base Test/CBT), dan Paper Based Test /PBT). “Tahun ini kami akan menerima 5000 Maba, 1.500 di antaranya akan dari Jalur SBMPTN.”

 

Acara berlangsung semarak. Beberapa siswa dan siswi sekolah menengah atas juga turut hadir. “Bagi siswa-siswi SMA yang sekarang menduduki kelas XII dianjurkan segera menentukan pilihannya dalam melanjutkan pilihannya karena pendaftaran ditutup tanggal 5 Mei,” kata Ketua Pokja SBMPTN nasional yang turut hadir, Prof. Budi.

–End– (*)

RJP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *