“Kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda” Tentunya kata-kata ini adalah yang menggambarkan salah satu sosok inspiratif ITK kali ini, beliau adalah Ibu Lovinta Happy Atrinawati, S.T., M.T., CISA, beliau merupakan dosen Program Studi Sistem Informasi. Kilas balik dari perjalanan pendidikan ibu Lovinta selama ini ialah ibu Lovinta menempuh gelar sarjana nya di Institut Teknologi Bandung mengambil jurusan Teknik Informatika serta mengambil gelar magisternya di kampus yang sama juga yaitu Institut Teknologi Bandung dengan jurusan Teknik Informatika. Ibu Lovinta sendiri memiliki ketertarikan pada risk management and audit, business process management, information technology governance, dan education technology. Setelah lulus sempat bekerja di perusahaan swasta hingga akhirnya memutuskan untuk bergabung di Institut Teknologi Kalimantan menjadi dosen Program Studi Sistem Informasi sejak 2015. Sejak tahun tersebut tentunya ibu Lovinta sudah paham dan mengerti bagaimana kondisi awal ITK sejak awal berdiri pada tahun 2014. Melihat bagaimana perkembangan demi perkembangan serta menjadi institusi yang terus membenahi diri menjadi yang terdepan dalam bidang riset, penelitian, dan teknologi. Menjadi kampus institute yang sengaja dipersiapkan sebagai mencetak generasi muda daerah timur yang handal dalam bidang teknik dan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang ada sebagai bentuyk kontribusi pembangunan nasional. Ibu Lovinta berpesan  kesuksesan itu bisa kita raih ketika kita sudah mempersiapkan diri dan kemudian ada kesempatan yang datang, jadi sebagai anak muda jangan pernah berhenti untuk berusaha, jangan lupa untuk memperbaiki diri, hingga akhirnya kesempatan untuk meraih cita-cita itu datang dan kesuksesan itu kalian raih.

Bercerita mengenai hal unik di ITK menurut bu Lovinta, kampus ITK sering disebut dengan kampus perjuangan, dimana pada awal berdiri listrik dan air sangatlah susah serta hanya memiliki satu buah gedung yang dipakai untuk perkuliahan. Hingga pada akhirnya di tahun 2021 sekarang sudah memiliki tujuh gedung megah yang berdiri di tengah hutan kota balikpapan. Ibu Lovinta juga melihat semangat perjuangan bukan hanya dari dosen, tendik, dan pimpinan,  namun juga  mengalir ke mahasiswa. Mahasiswa ITK seiring berjalannya waktu semakin lama semakin berkembang untuk terus berprestasi dan banyak pula mahasiswa yang diterima di perusahaan multi nasional, BUMN, pemerintahan, dan melanjutkan ke perguruan tinggi baik nasional maupun internasional.

Perjalanan yang panjang hingga saat ini membuat ibu Lovinta terus bersemangat mengembangkan diri dan termotivasi untuk terus belajar terlebih beliau sangat ingin mencoba hidup diluar negeri dalam hal ini bukan sekedar hanya sehari, dua hari, atau seminggu, namun untuk waktu yang lama dengan harapan dapat mengenal kondisi lingkungan, sosial, dan budaya, terlebih profesi sekarang yang ibu Lovinta jalansi yaitu menjadi dosen dimana harus tetap  semangat belajar dan keep up akan hal itu terkait IPTEK. Salah satu jalannya ialah menempuh pendidikan S3. Kesuksesan saat ini yang dirasakannya memiliki perjalanan yang panjang dari ditolaknya beliau hingga sebanyak 14 kali dan pada hingga akhirnya sekarang lolos Fulbright. Beasiswa Fulbright sendiri telah dimulai pemerintah Amerika Serikat sejak 1946 dan ditawarkan di lebih dari 160 negara di seluruh dunia. Program ini bertujuan mendorong pemahaman bersama antara warga Amerika Serikat dan warga negara lainnya. Tercatat ada lebih dari 300.000 orang alumni beasiswa ini sedunia.

Pesan bu Lovinta bagi generasi muda kedepannya ada tiga hal penting yaitu :

  1. Masing-masing orang memiliki drive untuk terus mengejar cita-citanya dan yang terlebih bagi bu Lovinta adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.
  2. Ciptakan support system itu penting untuk terus menjadi semangat dalam menggapai impian dan cita-cita
  3. Ketiga jangan berhenti untuk berusaha, terus berusaha dan berdoa karena doa merupakan salah satu kuncinya. Selain itu restu dari berbagai pihak ikut membantu perjalanan karir.

Jangan pernah lewatkan kesempatan yang ada karena kamu sendiri tidak akan tau jika kamu salah berhenti di waktu yang salah, maka cita-cita dan harapanmu juga akan terhenti.

Simak Video berikut ini : s.itk.ac.id/tipssuksesibulovinta

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •