Balikpapan – Institut Teknologi Kalimantan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, mahasiswa ITK mengadakan “Lomba Hari Lahir Pancasila dan Pelatihan Edukasi Keterampilan Dasar Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas di Kampung Pinisi”. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampung Pinisi ini merupakan program yang lebih meningkatkan keterampilan komputer dan teknologi informasi bagi anak-anak di Kampung Pinisi, dan ada beberapa permasalahan yang terdapat di kampung Pinisi seperti kurangnya literasi dan edukasi terutama siswa sekolah mengenai Komputer dan Teknologi Informasi dikarenakan perubahan kurikulum 2013 (K-13) yang tidak berjalan lancar ketika penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang menyebabkan siswa tidak siap menyambut era digital.

Pelatihan ini dihadiri oleh 16 orang siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) – Sekolah Menengah Atas (SMA). Adapun metode yang dilakukan pada pelaksanaan pelatihan ini yaitu dilakukan presentasi atau pemaparan materi disertai dengan sesi tanya jawab. Untuk menambah motivasi siswa-siswi Kelompok KKN 2C memberikan hadiah kepada peserta yang memiliki nilai tertinggi pada post-test yang diadakan seiring berjalannya kegiatan pelatihan tersebut. Selain kegiatan Pelatihan keterampilan dasar komputer dan teknologi informasi, Kelompok KKN 2C juga mengadakan lomba untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang bertepatan pada tanggal 1 Juni 2022. Ada beberapa lomba yang diadakan seperti lomba mewarnai, lomba makan kerupuk, dan lomba joget balon yang diikuti oleh anak-anak yang ada pada Kampung Pinisi, terlihat sekali antusias para warga dan anak-anak di Kampung Pinisi ini. Selain kegiatan-kegiatan diatas, Kelompok KKN 2C juga melakukan kegiatan pembuatan nomor rumah warga, yang dimana hal ini memudahkan masyarakat umum maupun Kampung Pinisi sendiri untuk menemukan alamat yang dituju.

Pelaksanaan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2C ITK ini telah terealisasikan dengan sangat baik dan mendapatkan antusiasme yang baik pula dari masyarakat Kampung Pinisi RT.32 ini. Besar harapan kami, agar hubungan antara pihak Kampung Pinisi dan Institut Teknologi Kalimantan dapat terus berjalan baik dan dapat berkolaborasi di kegiatan-kegiatan berikutnya.

Humas Institut Teknologi Kalimantan

#KampusMerdeka

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •