Balikpapan – Sabtu (16/10/2021) Teknik Logistik Institut Teknologi Kalimantan (ITK) bersama Asosiasi Logistik Indonesia mengadakan Webinar bertajuk “Pesatnya Kebutuhan Logistik Di Era Digital” yang merupakan kegiatan perdana sebagai Program Studi baru di ITK. Webinar yang diikuti sedikitnya 78 Peserta ini berlangsung melalui Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming. Bertindak sebagai Narasumber Dr. Nofrisel, SE, MM, CSLP, ESLog selaku Ketua Dewan Penasihat Asosiasi Logistik Indonesia serta di Moderator oleh Dosen Teknik Logistik ITK Amanda Dwi Wantira, S.Tr., M.T.

Gambar 1. Prediksi Pasar Logistik Indonesia 2020-2024

Pada kesempatan ini, Ketua Jurusan Teknologi Industri dan Proses (JTIP) ITK Himawan Wicaksono, S.ST.,M.T hadir dalam memberikan sambutan. Dalam sambutannya dapat disimpulkan bahwa “Perkembangan digital saat ini tentu saja mempengaruhi dunia logistik, dimana dulu aktivitas logistik masih sulit. Namun, pertumbuhan digital sekarang yang semakin pesat maka pertumbuhan akan ahli logistik menjadi semakin pesat sebagai bentuk menjawab tantangan perkembangan dunia saat ini”.

Dr. Nofrisel, SE, MM, CSLP, ESLog  dalam presentasinya memaparkan “Ditengah pandemik pun logistik itu menjadi sektor yang potensial dan potensialnya logistik itu mengundang investor-investor dari manapun. Jadi, logisitik adalah bidang bisnis/ bidang pekerjaan yang sampai saat ini tidak bisa tergantikan.”

Selain itu, menurutnya pasar logistik Indonesia 2020-2024 diperkirakan pertumbuhan rata-rata CAGR 7.9% pendapatan dan mencapai angka US$ 300.3 Miliar tahun 2024. Tentunya pertumbuhan ini akan membutuhkan ahli-ahli yang sangat menguasai ilmunya dan praktiknya, termasuk Teknik logistik.

Gambar 2. Urgensitas Teknik Logistik ITK

Pada kesempatan ini pula, diperkenalkan Program Studi Teknik Logistik ITK yang baru mendapatkan SK dari Kemendikbud Ristek pada bulan Juli 2021 dan akan membuka pendaftaran untuk mahasiswa pada tahun 2022. Hadirnya Teknik Logistik ITK dilatar belakangi Trans Kalimantan Highway yang nantinya akan terintegrasi dengan rencana pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Sebagai satu-satunya kampus Teknik di Kalimantan, ITK akan menjadi mitra strategis bagi pembangunan ibukota negara.

Teknik Logistik ITK akan berfokus pada Smart Logistic yang terintegrasi dengan sistem informasi, mendukung keilmuan dan menjadi bagian dalam arsitektur Smart City, serta dalam optimalisasi transportasi logistik darat untuk mendukung efisiensi dan efektifitas fasilitas transportasi yang ada.

#KampusMerdeka

Humas Institut Teknologi Kalimantan

Bagikan Yuk :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •